Tourism Malaysia Terus Sosialisasikan Tempat Wisata

Inilah Tempat Wisata Yang Wajib Dikunjungi di Ipoh Malaysia

Rabu, 22 September 2021 | 21:03 WIB

Medan, MPOL – Meski pandemi Covid-19 belum berakhir, Tourism Malaysia di Medan tak henti-hentinya memperkenalkan destinasi wisata di Malaysia. Konsul Pelancongan Malaysia atau Direktur Tourism Malaysia Medan, Hishamuddin Mustafa Senin (20/9) mengatakan pihaknya sudah beberapa kali menggelar webinar tentang destinasi wisata di Malaysia. Perkenalan tentang Negeri Perak digelar, Selasa (7/9).

Dalam webinar itu dipaparkan tempat-tempat yang wajib dikunjungi bila ke Perak, Malaysia. Berikut ini sejumlah lokasi yakni Ipoh memiliki berbagai bangunan menarik seperti stasiun kereta api, gereja, masjid, kantor pengadilan tinggi, restoran, museum, serta berbagai bangunan serta monumen era kolonial lainnya.

Ketika berkunjung ke Ipoh, wisatawan akan menemui banyak sekali bangunan-bangunan dengan arsitektur sejarah yang sangat kental. “Wisatawan bisa puas berjalan-jalan ke banyak tempat bersejarah di Ipoh,” ungkap Hishamuddin.

Taiping, daerah ini merupakan kota kedua terbesar sesudah Ipoh di negri Perak. Kota ini dikelilingi oleh Maxwell’s Hills (Bukit Larut Matang) yang merupakan puncak paling tinggi.

Kota ini juga diberi julukan sebagai kota pertama karena di sinilah berdiri stasiun bukit pertama, museum pertama, penjara pertama, jalur kereta api pertama dan sekolah bahasa Inggris pertama.

“Selain itu Taman Danau Taiping, taman umum tertua di Malaysia, merupakan yang terbaik di negara ini,” jelasnya.

Pulau Pangkor, berlokasi di Lumut Negeri Perak Malaysia yang bisa ditempuh sekitar 4 jam dari Kuala Lumpur dan berjarak 90 km dari Kota Ipoh.

Pada awalnya pulau Pangkor adalah pulau kosong yang saat ini sangat gencar dipromosikan sebagai tempat wisata oleh pemerintah Malaysia. Pulau ini tidak terlalu besar, jumlah penduduk di pulau ini hanya berkisar 25.000 jiwa saja.

Namun, pulau ini memiliki garis pantai yang indah dan sebagian besar lautnya masih sangat bersih.

Gua Tempurong merupakan salah satu gua batu kapur alami terbesar di Malaysia yang membentang sejauh sekitar 4,5 km.

Ada banyak formasi stalagmit dan stalaktit yang unik yang mengisi lima kamar yang cukup luas di dalam gua ini. Dan masih sering terdengar cicitan kelelawar dari sisi gelap yang terdapat di gua Tempurong ini.

Gua Tempurong ini sudah difungsikan sebagai tempat wisata. Sehingga medan yang dilalui sudah dipenuhi lampu warna warni yang apik serta jalur yang cukup aman. Akan ada pemandu juga yang akan membantu wisatawan menyusuri gua ini.

Tanjung Tualang Tin Dredge No.5 (TT5), merupakan peninggalan unik dari era penambangan timah di Malaysia.

Kapal keruk seperti pabrik terapung. Yang satu ini bernama Kapal Keruk Tanjung Tualang No. 5, atau TT5, berbobot 4.500 ton dan ditopang oleh sebuah ponton dengan panjang 75 meter, lebar 35 meter, dan dalam 3 meter.

Dibangun di Inggris pada tahun 1938 oleh F.W. Payne & Son yang pada saat itu, adalah perusahaan rekayasa desain terkemuka di kapal keruk. TT5 adalah warisan pertambangan timah Malaysia di Batu Gajah, Perak. Berlokasi di Batu gajah, sekitar 30 kilometer dari Ipoh, TT5 merupakan warisan kapal korek terakhir.

Di sini, pengunjung dapat melihat kapal korek bijih timah yang terakhir di Perak yang masih terawatt dengan kondisi sebenarnya.

Wisata Gunung Lang, terletak hanya lima kilometer dari bandar Ipoh merupakan salah satu gunung batu kapur yang banyak terdapat di negeri Perak, Malaysia, khususnya di Lembah Kinta.

Gunung Lang telah dijadikan kawasan rekreasi oleh Majlis Bandaraya Ipoh (MBI) dengan kerjasama Kementerian Pelancongan pada tahun 1999. Taman ini dilengkapi dengan tiga buah tasik buatan dari bekas lombong bijih timah.

Gopeng Glamping Park merupakan pengalaman berkemah secara glamour yang nyaman seperti di rumah.

Dikelilingi oleh perbukitan, sungai, gua dan hutan, Taman Glamping Gopeng menawarkan pengalaman ideal dan unik di tengah pemandangan alam yang menakjubkan.

Berbatasan dengan desa Kampung Chulek yang indah dan tenang, Gopeng sebagai salah satu pusat wisata petualangan terbaik di Malaysia, menawarkan sejumlah pilihan aktivitas mulai dari tempat peristirahatan yang tenang dan santai hingga budaya, warisan, dan aktivitas sejarah yang santai hingga yang paling aktivitas ekstrim & petualangan bagi para adrenaline junkies.

Gopeng Glamping Park pasti akan memenuhi kebutuhan dan preferensi para tamunya.

Homestay, selain terkenal dengan destinasi belanja, kuliner, dan liburan seru lainnya, Malaysia juga adalah negara yang sangat baik dalam pengelolaan wisata homestay, salah satu yang terbaik ada di Perak, yaitu Homestay Labu Kubong.

Terletak di Lubuk Merbau, Kuala Kangsar. Kaya dengan tradisi dan budaya.

Sementara itu, Yang Dipertua Majlis Daerah Selama, Nor Akmal bin Yang Ghazali memperkenalkan daerah Selama sebagai salah satu destinasi alternative yang patut dikunjungi di Perak.

Selama merupakan salah satu daerah yang terletak di utara Perak, Malaysia.

Selama adalah nama sebuah daerah kecil dalam Larut, Matang, dan Selama. Daerah ini terletak berbatasan dengan Daerah Kerian di utara, Daerah Kuala Kangsar dan Daerah Manjung di selatan, Daerah Hulu Perak di timur, Selat Melaka di barat dan Negeri Kedah di utara.

Pusat administrasi daerah adalah di Bandar Taiping yang merupakan kota tertua di Malaysia. Daerah ini mencakup 3 daerah kecil yaitu Larut di tengah dan selatan, Matang di barat dan Selama di utara dan mempunyai wilayah 151.104,03 hektare (170 Kilometer Persegi).

Selama sendiri memiliki luas wilayah sebesar 762 kilometer persegi, dengan populasi sebanyak 39,179 jiwa.

“Sebagai destinasi wisata, Selama belum banyak diketahui oleh wisatawan,” kata Hishamuddin.

Namun, daerah Selama menawarkan pengalaman eko-wisata yang unik dan seru. Tarikan utama selama, antara lain Selama Rafting, Telaga Gergasi, Sungai Atas Sungai, dan Lata Tebing Tinggi.

Untuk bisa sampai di Selama, ada 2 pilihan, yaitu Medan – Pulau Pinang (Pesawat Udara) 45 menit Pulau Pinang – Selama (Darat) 1 jam 15 menit Medan – Kuala Lumpur/KLIA (Pesawat Udara) 1 jam KLIA – Selama (Darat) 3 jam 45 menit.

Sementara itu, hanya 10 menit dengan mobil dari bandara, Travelodge Ipoh Hotel berada di lokasi ideal yang melayani pelancong bisnis dan rekreasi. Hotel ini dekat dengan kawasan bisnis dan tempat wisata sejarah, budaya, dan kuliner yang terkenal.

Cukup jauh dari hiruk pikuk pusat kota untuk menawarkan rasa relaksasi dan ketenangan,” ungkapnya.

Menawarkan pemandangan panorama Ipoh Turf Club di dekatnya, suite fasilitas pertemuan, dan The Lodge, ruang makan dan komunal multi guna, hotel ini adalah tempat yang sempurna untuk liburan, bisnis, dan MICE. Travelodge Ipoh juga merupakan tempat pilihan untuk perayaan, konferensi, dan acara lainnya.

Bagi Anda yang ingin lebih mengetahui mengenai produk-produk wisata Perak ini, dapat menyaksikan Webinar Rindu Malaysia Seri #12 “World of Wonders (WOW) Perak” Di Sini. (Dro/Rel).