Pengukuhan Pengurus FOKUWS Simanindo

Festival Tor-Tor Bius Agenda Tahunan dan Kerjasama dengan Dinas Pariwisata

Rabu, 2 Desember 2020 | 20:21 WIB
Samosir,MPOL: Ketua DPRD Samosir Saut Martua Tamba yang diwakili Anggota DPRD Samosir Paham Gultom mengukuhkan kepengurusan FOKUWS (Forum Komunikasi Wartawan Simanindo) Rabu (2/12-2020) di lokasi Wisata Wisata Kuburan diatas Pohon Lumban sijabat Tomok.
      Acara dipandu oleh Tokoh Pemuda Pemerhati Pariwisata Samosir Harry Bos Sidabutar, Kapro Sidabutar, dan 9 tim peserta tor-tor bius dari Sekolah Tingkat SMP dan SMA se-Kecamatan Simanindo untuk memperebutkan hadiah yang disediakan oleh Panitia.
      Pengukuhan ini dilakukan berdasarkan hasil rapat forum wartawan berdomisili di Simanindo yang dilakukan beberapa waktu lalu, dengan pengukuhan ini bisa bekerja dengan baik.
       Pengurus Forum Komunikasi Wartawan Simanindo Pelindung Harry Bos Sidabutar, Kapro Sidabutar, penasehat Paham Gultom, Haposan Sidauruk, Ketua Luhut Sijabat (SCTV) Sekretaris Parlindungan Tinambunan (Konstruktif),  Bendahara Pardamean Sidabalok (Kontroversinews) Herbin Sinaga (Medanposonline dan Harian Medan Pos), Clara Br.Ambarita, Poltak Rumah Horbo.
      Paham Gultom mengatakan wartawan memiliki tugas penting dalam pembangunan daerah lewat pemberitaan yang konstruktif dan inspiratif. Selain itu, para wartawan juga merupakan mitra bagi semua kalangan baik Eksekutif, legislatif, yudikatif dalam menjalankan dan menyampaikan program-program kerja kepada masyarakat secara efektif. “Untuk itu, dengan pengukuhan ini kiranya semakin menguatkan semangat para wartawan untuk menyampaikan informasi kepada khalayak secara berimbang.
       Untuk event berikutnya kami sebagai wakil rakyat yang dipercayakan masyarakat duduk di legislatif akan menampung dan mengusulkan supaya dananya diposkan di dinas Pariwisata.
        Samosir yang dikelilingi Danau Toba akan menjadi tolak ukur promosi pariwisata yang berkelas dengan menampilkan kearifan lokal berbasis budaya. sebut Paham Gultom.
          Pjs Bupati Samosir Lasro Marbun yang diwakili Kadis Pariwisata melalui Sekretaris dinas Ningar Sinaga mengatakan tidak membatasi setiap wartawan untuk menyampaikan berita hendaknya setiap kritikan yang disampaikan sejalan dengan masukan dan ide-ide konstruktif sebagi bentuk sumbangsih dalam membantu mewujudkan percepatan pembangunan dan pengembangan pariwisata di Kabupaten Samosir.
      Dinas pariwisata juga salut dengan kegiatan ini dengan menampilkan kompetisi festival tor-tor tradisional dan kreasi baru di Bius Tomok.
       Kepada seluruh masyarakat yang hadir disini supaya membenahi lingkungan masing-masing untuk bisa dijadikan menjadi berbasis wisata yang bersih dan sejuk demi menyukseskan program KSPN (Kawasan Strategis Pariwisata Nasional ) Program Presiden RI Joko Widodo.
      Apalagi festival ini dilaksanakan dilokasi wisata kuburan diatas pohon Lumban Sijabat Tomok yang perlu dilestarikan untuk memikat wisatawan berkunjung kesini,sebut Ningar Sinaga.
      Ketua FOKUWS Luhut Sijabat, Rabu (2/12-2020) yang diwawancarai medanposonline mengucapkan terima banyak kepada Bupati Samosir, Ketua DPRD Samosir, Kajari Samosir, Tim Media Delegasi Medan, Kapolsek Simanindo, Danramil Simanindo, Camat Simanindo yang turut serta ikut memberikan sumbangsih dan pikiran untuk kegiatan ini.
       Setelah didiskusikan dengan para tokoh dan masyarakat setempat meminta kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka mempromosikan wisata Samosir.
      Jadi agenda kita kedepan adalah akan bekerjasama dengan seluruh stakeholder pemangku pelaku pariwisata yang ada di Kecamatan Simanindo melakukan event-event yang memajukan pariwisata. sebut Luhut Sijabat.***