Antara Penanganan Covid-19 dan Peningkatan Ekonomi Kerakyatan Ala Dandim 0209/LB

Labuhanbatu, MPOL: Sejak disertijabkan di aula Makorem 122/PT pada 6 Agustus 2020 lalu, sampai kini sosok Dandim 0209/LB, Letkol Inf Asrul Kurniawan Harahap, SE, M. Tr (Han), terus menjadi sorotan elemen masyarakat. Dengan menggiatkan Komunikasi Sosial (Komsos) secara berkesinambungan, elektabilitas Kodim 0209/LB dibawah asuhannya semakin berada di hati masyarakat.
      Mengapa tidak? pada konsentrasinya menjalankan tugas, mantan Komandan Detasemen Intelijen Kodam I/BB ini, lebih mengedepankan konteks kemanunggalan TNI-Rakyat. Terlebih saat sekarang dalam menghadapi pandemi Covid-19.
      Nyata saja, fokus dalam mengantisipasi penyebarannyapun bukan hanya dalam wujud pencegahan saja, namun lebih cenderung menciptakan peluang peningkatan ekonomi kerakyatan, serta penguatan sistem imun tubuh masyarakat melalui inovasi Babinsa mendorong masyarakat dalam menciptakan pola hidup sehat lewat konteks olahraga.
      Terbukti, pada wilayah teritorial Koramil 07/AKB tepatnya di Dusun VII Suka Rakyat Desa Batu Tunggal Kecamatan NA IX-X Kabupaten Labura, Babinsa Kodim 0209/LB Sertu Sudarno, telah mendukung penyediaan bibit sayuran berupa Terong, Timun dan Kangkung terhadap warga setempat sebagai pemanfaatan lahan pekarangan sebagai ketahanan pangan.
      “Terimakasih atas dorongan pak Babinsa, untuk pemanfaatan lahan pekarangan kami, kamipun dibantu bibit sayuran, pak Babinsapun juga turut menggemburkan tanah dilahan kami ini,” ujar Satiman, 56, Warga setempat.
      Pada tanah seluas lebih kurang 400 Meter itu, kini menjadi lahan demplot binaan Kodim 0209/LB. “Hampir setiap hari Sabtu dan Minggu pak Babinsa mengontrol lahan ini, dia juga selalu bercengkrama dengan warga sekitar dan tentunya menghimbau masyarakat untuk mengindahkan protokoler kesehatan, dengan menjaga pola hidup bersih,” tambah Pensiunan PTPN III Rantauprapat itu.
      Melihat intens yang dilakukan ini pula, penulis mencoba menelisik secara luas, apa saja hal lain yang tengah dilakukan Kodim 0209/LB, khususnya dalam mengantisipasi penyebaran Covid-19 di wilayah teritorialnya.
      Masih di Desa yang sama, penulis menemukan seorang Babinsa bernama Sertu Dodi Arief Nur Hidayat, yang selalu hilir mudik menyambangi warga. Akan tetapi, fokus kali ini cukup berbeda, dimana Babinsa ‘menggalang’ tokoh masyarakat untuk dapat menciptakan sarana olahraga berupa lapangan Badminton.
      Hasilnyapun sungguh membanggakan, dimana lahan kosong milik Bapak Sugeng yang berada di RT IV Dusun VII Suka Rakyat II, telah berubah menjadi lapangan Badminton dibawah binaan Kodim 0209/LB, dan sejatinya tiang lapangan itu sengaja dicat loreng TNI sebagai bentuk penghormatan masyarakat terhadap Babinsa tersebut.
      Menurut penulis, sebenarnya tidak ada yang khusus pada konsep ini, namun apabila dicermati lebih dalam, dengan hadirnya Babinsa di Desa itu mampu mendorong warga dan pemuda untuk dapat menjaga imun tubuh dari ancaman virus Corona melalui aktifitas rutin berolahraga. Bahkan, penciptaan lapangan Badminton ini pula mampu menjauhkan generasi muda dari pengaruh buruk Narkoba.
      “Awalnya, saya tidak menyangka rencana ini di dukung penuh oleh bapak Babinsa, setelah lapangan dibuat ternyata manfaatnya banyak, apalagi menjaga kesehatan masyarakat dari ancaman covid-19. Terimakasih juga kepada pak Babinsa yang selalu mengingatkan menjaga pola hidup sehat, dan bahkan sering bagi- bagi masker,” kata Wak Sugeng.
      Terkadang, tidak terfikir oleh kita untuk membangun inovasi lain dalam rangka pencegahan penularan covid-19. Akan tetapi, melalui anjuran Dandim 0209/LB Letkol Inf Asrul Kurniawan Harahap, SE, M.Tr (Han), para Babinsa di teritorialnya telah bergerak mewujudkan komunikasi sosial dan pembinaan teritorial dengan sasaran utama yakni penanggulangan ancaman penularan virus corona.
      “Berdasarkan anjuran komandan (Dandim 0209/LB), saya tidak hanya berfikir menghimbau dan membagi-bagi masker saja. Tapi, saya mencoba menjaga imun warga binaan dengan menggiatkan olahraga. Alhamdulillah konsep saya diterima masyarakat dengan penuh antusias,” bilang Babinsa Sertu Dodi Arief Nut Hidayat.
      Atas realisasinya, apresiasipun berdatangan dari segala penjuru Desa, baik dari elemen pemerintahan hingga tokoh masyarakat setempat. “Terimakasih yang sangat kami ucapkan kepada pak Babinsa dengan kepeduliannya terhadap warga disini. Kami tidak dapat membalasnya, dan kami berharap semoga pak Babinsa dapat terus manunggal bersama kami disini,” sebut Kepala Dusun VII Suka Rakyat, Rudi Setiawan, yang diamini sejumlah warga.
      Ditempat lain, Tukijan, Tokoh Agama Desa Batu Tunggal, turut menyampaikan rasa suka cita atas hadirnya Babinsa ditengah pandemi covid-19 ini terutama di Desa setempat. “Kita tidak usah berpanjang lebar, dengan hadirnya pak Babinsa ditengah-tengah kita di Desa ini, tentunya sangat memberi manfaat dan kita patut berterimakasih. Sarana olahraga yang dibuat dapat menjauhkan remaja dari bahaya narkoba, ini yang membuat kita sangat bersyukur,” katanya.
      Kembali dimaknai, dapat kita berfikir bahwa segala sesuatu tindakan yang dilakukan para Babinsa inipun, tidak lain dan tidak bukan berdasarkan perintah maupun anjuran pimpinan yakni Dandim sebagai pemegang tongkat komando.
      Sejatinya, sesuai dengan informasi yang dihimpun penulis, konsep kemanunggalan TNI-Rakyat yang saat ini digelorakan Dandim 0209/LB Letkol Inf Asrul Kurniawan Harahap, SE, M.Tr (Han), menjadi tiang utama yang dilakukan sebagai konsentrasi dalam melahirkan dan menumbuh-kembangkan sosok prajurit TNI sebagai kerabat masyarakat.
      Bahkan, sejak Letkol Inf Asrul Kurniawan Harahap bertugas, dirinya semakin menggiatkan program ‘Babinsa Humanis’ yang disarankan kepada Danramil diseluruh jajaran. Terang saja, saat ini terlihat semakin gesitnya para Bintara Pembina Desa terus bergerilya memperhatikan kesusahan warga tidak mampu.
      Uniknya, Ketika hal konsentrasi konsep penanganan Covid-19 itu ditanyai kepada orang nomor satu di Makodim 0209/LB ini, dia hanya menjawab singkat. “Bersama kita bisa! Kami akan terus berupaya berbuat yang terbaik,” urai Dandim, lewat pesan Whatsapp-nya.
      Dapat dipastikan, masih banyak fokus-fokus lain yang telah dikemas secara nyata oleh para Babinsa di wilayah jajaran, dan kesemua konsep penanganan pencegahan covid-19 itupun, adalah merupakan wujud realisasi dari perintah komando atas.
      Dengan segala apa yang telah dilaksanakan Jajaran Kodim 0209/LB dalam rangkaian pencegahannya, diharapkan dapat menjadi motivasi bagi instansi lain untuk dapat turut melahirkan inovasi baru sebagai konteks sinergitas membangun daerah menuju Indonesia Maju, Semoga. (*)