Wagub Sumut Minta Kab/Kota Bina Atlet Melalui Kejuaraan 

Senin, 27 Desember 2021 | 19:26 WIB

Medan, MPOL : Kejuaraan Taekwondo tingkat Sumatera Utara 2021 merupakan ajang mencari atlet menuju Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024. Event ini berlangsung di GOR Futsal Jalan Pancing, 26-29 Desember 2021.

“Melalui kejuaraan ini, kita ingin kabupaten/kota membina atlet. Tujuan kita adalah PON 2024,” ujar Wakil Gubernur Sumatera Utara, H Musa Rajekshah saat membuka kejuaraan tersebut di GOR Futsal Jalan Pancing, Senin (27/12).

Dijelaskan, untuk menuju PON 2024 masih akan melalui proses panjang. Masih ada sejumlah event yang diikuti seperti kejuaraan daerah, kejuaraan nasional, dan lainnya.

“Untuk itu, saya berharap kepada atlet untuk terus berlatih. Begitu juga dengan dojang-dojang harus tetap membina atlet,” pesannya.

Wagubsu berharap agar semua atlet dan juri tetap menjunjung tinggi sportifitas. Dan kejuaraan ini diharapkan bisa melahirkan bibit atlet taekwondo berkualitas.

“Bibit-bibit atlet berkualitas ini akan dibina guna membela nama Sumut di kancah nasional dan Indonesia di tingkat internasional,” tambah pria yang akrab dipanggil Ijeck tersebut.

Pada kesempatan, Wagubsu yang juga merupakan Ketua Pengprov TI Sumut turut memberikan tali asih kepada dua taekwondoin Sumut peraih prestasi. Keduanya adalah Opi Danena Ginting yang meraih medali perak pada PON XX di Papua dan M Rizki meraih medali perak pada Asian Youth Paragame Bahrain U-20 2021.

“Selamat kepada atlet yang telah membawa harum nama Sumut. Teruslah berlatih untuk meningkatkan prestasi,” sebutnya.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Sumut, Ir Ardhan Noor melaporkan, kejuaraan ini diikuti 193 atlet dari 17 kabupaten/Kota se-Sumut. “Kejuaraan ini mendapat respon positif dari kabupaten/kota,” ungkapnya.

Diungkapkan, kejuaraan ini bertujuan untuk menggairahkan pembinaan taekwonwo di Sumut. Kemudian mencari atlet sebagai persiapan PON 2024.

“Selain itu, kejuaraan ini diharapkan memotivasi kabupaten dan kota dalam membina taekwondo. Kemudian meningkatkan silaturahim antar sesama atlet taekwondo” pungkasya. **