UKT Sabuk Hitam Perguruan Karate-Do Tako Indonesia Se-Sumut Sukses ,Dewan Guru : Kalau Belum Siap Jangan Kirimkan Muridnya Untuk Ujian 

Senin, 4 Juli 2022 | 09:56 WIB

 

Simalungun, MPOL: Ujian Kenaikan Tingkat (UKT) sabuk hitam/Dan Perguruan Karate-Do Tako Indonesia se-Sumatera Utara berlangsung sukses, di Gedung Sitalasari PTPN IV Bah Jambi Kec.Jawa Maraja Kab.Simalungu, Minggu (03/07/2022).

UKT yang berlangsung selama dua (2) Sabtu-Minggu (02-03/07/2022) tersebut ditutup oleh Dewan Guru Tako Indonesia, Freddy Tobing  didampingi Guru Robert Hutagaol dan Guru Riza Mutiara dan Guru Teguh H

Setelah menjalani UKT yang dinilai dan diuji oleh team penguji  Guru Robert Hutagaol (Dan-VI) sebagai Ketua Tim Penguji didampingi Guru Freddy L.Tobing ( Dan-VI) dan Riza Mutiara (Dan-VI), Guru Teguhsi (Dan-VI).

dengan ketat dari materi ujian yang disajikan yakni Kihon, Kata dan kumite, para peserta dinyatakan lulus dan naik setingkat dari sabuk/Dan sebelumnya.

Dalam UKT tersebut dipandu dibantu  oleh Jhoni Purba SP.d (Dan-V) selaku Ketua Komtek Kota Pematangsiantar dan Ketua panitia pelaksana  Parel Napitupulu dan juga  Ketua Komtek Provinsi Sumut, Herman Sujoko (Dan- V), Prima Noviandi, Dika Restu.

Tanpa kenal lelah peserta yang datang dari Kota Pematangsiantar, Simalungun, Toba, Batam, Tanjung Balai dan Labuhan Batu Utara (Labura) dan Samosir dengan tekun mengikuti prosesi UKT.

Menurut Guru Freddy L.Tobing jadilah seorang pendekar yang mempuni dan berlatih terus dengan menjunjung tinggi Tri Cita Utama (Perkasa, Rendah Hati, Luhur Budi). “Jangan bosan, teruslah berlatih dan pelajari materi yang ada di kurikulum Tako Indonesia, ujar mantan pelatih Dojo IKIP Pematangsiantar.

Sementara, Guru Reza Mutiara menyampaikan, pelatih harus mampu menciptakan seorang karate yang handal. “Kalau belum siap, jangan mengirimkan muridnya untuk UKT, tegas guru Riza yang tampak masih segar  dan saat ini telah berusia 72 tahun.

Disebutkannya, Tako Indonesia ini besar dan apakah kita tdak ingin merencanakan untuk melaksanakan even/ kejuaraan dunia seperti Perguruan karate lainnya.

Sementara Guru Robert Hutagaol mengumumkan hasil UKT dari peserta  yang hadir 58 orang, terdiri dari sabuk coklat kyu-1 ke Dan-1. Dinyatakan,  lulus dengan nilai cukup sebanyak 6 orang dan lulus dengan nilai baik 58 orang.

Dengan rincian untuk UKT sabuk hitam Dan-I  sebanyak 6 orang, Dan-2 sebanyak 2 orang, Dan-III, 2 orang, serta Dan-4 ke Dan-5  sebanyak 3 orang.

Sedangkan peserta terbaik 3 0rang yakni, Ismah Khusnul Khotimah, David Haposan, dan Bona Fania, pungkasnya. *