Sekjen DPD RI Donny Moenek Dikukuhkan Jadi Penasehat Pordasi

Sabtu, 29 Februari 2020 | 23:47 WIB

Jakarta – Sekjen DPD RI Donny Moenek mendapat kepercayaan sebagai penasehat PP Pordasi (Persatuan Olahraga Berkuda Seluruh Indonesia) bersama Marsda TNI Kisenda Wiranata Kusuma, Setyo Djuandi Darmono, Tomy Winata, Anita Ratna Sari Tanjung dan Laksda TNI (Purn) Fritzs Mantiri, masa bakti 2020-2024, Jumat (28/2) di Jakarta.

Pengukuhan dan pelantikannya dihadiri Menpora Zainuddin Amali. Menurut Donny Moenek dunia olahraga berkuda sudah tidak asing lagi kerena dia sejak kecil sudah berkecimpung dalam dunia olah raga berkuda.

“Ayah saya, J Moenek dulu merupakan Kepala Pejawat Kehewanan di Sumatera Tengah. Tahun 1958, ia pemilik peternakan kuda di Padang Mangateh. Pada masa itu, banyak peternak kuda yang datang ke Padang Mangateh, mereka belajar cara beternak kuda pada ayah. Termasuk peternak dari Aceh, Jawa, dan Sulawesi Utara.” katanya.

Kepindahan keluarganya ke Jakarta semakin membuat bisnis berkuda yang dirintis ayahnya semakin berkembang bersama sejumlah pengusaha kuda lantas mendirikan Djakarta Racing Management.

“Tak lama kami punya peternakan kuda sendiri dengan nama J Moenek Stable di Pulo Mas. Koleksi kuda ayah sangat banyak. Rata-rata kuda pilihan, bibit unggul, peranakan Australia dan Inggris. Jenisnya Thouroughbred. Mantan Presiden Barrack Obama, waktu kecilnya sering datang ke peternakan kami. Melihat-lihat kuda,” tambahnya.

Beberapa kuda milik ayahnya kerap memenangkan balapan kuda. “Red Rival, Temple Dance, Revolving, dan Saldivar. Itu nama kuda-kuda top milik ayah. Yang menjadi saingan berat adalah kuda-kudanya milik Presiden Soeharto, salah satu namanya Maruto,” jelasnya.

Dengan hobinya berkuda, orang dulu memanggil ayahnya dengan sebutan Profesor J Moenek lantaran dirinya sangat mengerti dan pintar sekali soal kuda. Karena ayah itu dokter hewan. Ayahnya melatih dan merawat sendiri kuda-kudanya. Jadi kalau orang-orang mau beli kuda bagus, pasti bertanya pada ayahya. “Kalau ada kejuaraan berkuda di dalam dan luar negeri, J Moenek tampil sebagai sponsor,” ujarnya. (ZAR)