Rapat Kerja Pengprov PBVSI tentang Penetapan Tuan Rumah Kejuaraan Voli Antar Wilayah Pra Porprov PBVSI Sumut Tahun 2022

Kamis, 14 April 2022 | 16:57 WIB

Medan, MPOL: Putaran Kejuaraan Antar Wilayah akan dilaksanakan mulai tanggal 07 Juni hingga 17 Juli 2022.

Serve Pertama  pertandingan akan dilaksanakan  di Wilayah V dengan Tuan Rumah PBVSI Nias Barat sebagai wilayah pertama yang akan memulai Kejuaraan Antar Wilayah V.

Selain Kabupaten Nias Barat, Kabupaten Pakpak Bharat juga merupakan Kabupaten yang baru pertama kali menjadi Tuan Rumah Kejuaraan Antar Wilayah PBVSI Sumatera Utara. Menurut Ketua Umum PBVSI Sumatera Utara Wiko Lovino Siregar, SH bahwa penentuan zona wilayah merupakan kesepakatan pada Rapat Kerja PBVSI Sumut beberapa waktu lalu dan  penunjukan kedua Tuan Rumah yang baru pertama kali ini merupakan kesepakatan dalam  Rapat Kerja PBVSI Sumatera Utara yang  kemudian diteruskan dengan Zoom Meeting langsung dengan calon tuan rumah.

Pertandingan di Pakpak Bharat akan dilaksanakan di Gedung Olah Raga Indoor yang baru. 

Dengan Penetapan kedua Tuan Rumah yang baru pertama kali ini, diharapkan PBVSI Nias  Barat dan PBVSI Pakpak Bharat dapat menggairahkan semangat pembinaan bola voli di zona – zona wilayah baru yang sudah ditetapkan. 

Adapun pembagian zona wilayah sebagai berikut:

WILAYAH I, Tuan Rumah PBVSI DeliSerdang dengan peserta, Langkat, Binjai, Medan,  DeliSerdang, Serdang Bedagai, Tebing Tingg. Pelaksanaan pertandingan pada tanggal 28 Juni – 3 Juli 2022

WILAYAH II, Tuan Rumah  PBVSI Labuhan Batu dengan peserta Pematang Siantar, Batubara, Asahan, Tanjung Balai, Labuhan Batu Utara, Labuhan Batu, pelaksanaan pertandingan pada tanggal 14-19 Juni 2022 

WILAYAH III, Tuan Rumah PBVSI Pakpak Bharat, dengan peserta Simalungun, Tanah Karo, Pakpak Bharat, Dairi, Humbahas, Samosir, Toba.

Tapanuli Utara, pelaksanaan pertandingan  pada tanggal 21- 26 Juni 2022 

Wilayah IV, Tuan Rumah PBVSI Mandailing Natal dengan peserta Tapanuli Tengah, Sibolga, Mandailing Natal, Tapanuli Selatan, Padang Sidempuan, Padang Lawas, Padang Lawas Utara, Labuhan Batu Selatan, pelaksanaan pertandingan tanggal 12 – 17 Juli 2022 . 

WIlayah V, Tuan Rumah PBVSI Nias Barat, dengan peserta Nias Induk, Gunung Sitoli, Nias Barat, Nias Selatan, Nias Utara. Pelaksanaan pertandingan 7 – 12 Juni 2022.

Kejuaraan Antar Wilayah ini juga merupakan rangkaian  proses seleksi  untuk memperebutkan 16 Besar Posisi di Kejuaraan Daerah PBVSI Sumut yang akan datang dan juga setelahnya akan menjadi ajang promosi  degradasi untuk memperebutkan 8 Besar Posisi bagi Pengkab/Pengkot yang akan maju bertanding di PORPROPSU tahun 2022.

“Selain proses seleksi, Kegiatan Kejuaraan Antar Wilayah ini juga merupakan tempat bagi tim pencari.

Bakat PBVSI Sumatera Utara untuk mencari atlet putra /putri  bagi squad  Tim Pon Sumut Aceh tahun 2024.”

“Sumatera Utara itu wilayahnya besar, penduduknya 14 juta, klub voli nya ada ratusan klub yang  tersebar di 33 kabupaten /kota, kita optimis dengan kegiatan ini kita bisa mendapatkan bahan-bahan atlit yang berbakat dan  dapat bersaing dengan Tim-tim dari Jawa diajang PON tahun 2024 yang akan datang, sehingga voli sumut bisa menjadi juara,” demikian sambutan Ketua Umum PBVSI Sumut menutup acara Rapat Kerja Pengprov PBVSI Sumut beberapa  waktu lalu di RM Wong Solo, Medan.