PABERSI Sumut Siapkan Kejuaraan Asia

Jumat, 21 Agustus 2020 | 18:21 WIB
Medan, MPOL : Pengurus Provinsi (Pengprov) Perkumpulan Angkat Berat Seluruh Indonesia (PABERSI) Sumatera Utara agendakan menggelar Kejuaraan Angkat Berat tingkat Asia. Kejuaraan rencana dijadwalkan berlangsung Desember 2020, di Kawasan Danau Toba, Parapat.
Agenda tersebut menjadi program besar pengurus PABERSI Pusat yang diarahkan ke Pengprov Pabersi Sumut usai baru saja terbentuk tahun ini.
Pemantapan rencana kejuaran tingkat Asia dibahas melalui rapat pengurus di Medan, Jumat (21/8) siang.
Ketua PABERSI Sumut Hermansyah Hutagalung didampingi Wakil Ketua Dingin Pakpahan, Sekretaris Goncalwes Sirait, Bendahara Muhammad Samsir, Asrul Azwar Siagian, Daniel Wilson, RM Asnawi, Nanang Suheri, Hendra (Pabersi Binjai) dan pengurus lainnya, mengatakan kejuaraan angkat berat Asia akan dilaunching sekaligus digaungkan kepada masyarakat saat pelaksanaan kejurda angkat berat pada Oktober mendatang.
“Kita ingin kejuaraan angkat berat tingkat internasional di Indonesia khususnya di Sumut kembali ada meski saat ini dalam suasana pandemi Covid 19. Kita ingin menunjukkan kepada Pemprov dan Indonesia kalau kita serius dalam memajukan angkat berat,” kata Hermansyah.
Kejuaraan kali ini selain bertaraf internasional, namun juga menggunakan sistem penggabungan sisten klasik dan equipment  dalam satu event. Ini sekaligus menjadi sejarah pertama kali kejuaraan angkat berat menggabungkan dua sistem.
“Inilah satu-satunya sejarah pertama kali di dunia menggunakan sistem alat klasik dan equipment. Belum pernah terjadi di dunia, rencana kita yang memulainya,” beber Hermansyah.
Pelaksanan kejuaraan tingkat Asia dilaksanakan di kawasan Danau Toba sekaligus ingin mempromosikan kepada negara lain bahwa destinasi wisata Kaldera Toba sudah diakui sebagai ‘UNESCO Global Geoparks’ sejak Juli 2020.
“Sekaligus ajang promosi wisata budaya bahwa Kaldera Toba sekarang sudah diakui sebagai salah satu Geoparks dunia atau keajaiban dunia,” kata Hermansyah.
Kejurda Oktober
Sebelum pelaksanaan kejuaraan Asia, juga diselenggarakan kejuaraan daerah angkat berat Se-Sumut pada awal Oktober. Kejurda akan diikuti para lifter dari 22 Pengurus Cabang (Pengcab) Pabersi se-Sumut yang telah terbentuk saat ini.
“Kejurda bakal diikuti oleh 22 Pengcab Paberdi tingkat kabupaten dan kota pada awal Oktober. Di situ nanti sekaligus diserahkan SK pengurus Pabersi kabupaten/kota. Rencananya kita juga bakal beraudiensi ke Gubernur, Kapolda, Kajatisu, dan penasehat Pabersi  Hinca Panjaitan,” katanya.
Kejurda ini bakal menjadi program kerja awal Pengprov Pabersi sekaligus sebagai pemantapan lifter Sumut yang akan berlaga di Pekan Olahraga Nasional (PON) 2021. Melalui kejurda juga pengurus ingin menunjukkan betapa pentingnya pembinaan atlet secara berkesinambungan terutama untuk mempertahankan prestasi atlet di setiap kejuaraan.
“Selain ingin meningkatkan kembali hasrat kejuaraan angkat berat di Sumut, kejurda sekaligus laga eksibisi bagi lima atlet angkat berat Sumut yang akan berlaga di PON. Makanya kejurda kali ini tidak dibatasi jumlah atletnya. Baik muda, pelajar, dewasa juga bisa ikut berpartisipasi,” ucap Hermansyah.
Pelaksanaan kejurda rencananya juga dirangkai dengan penyerahan surat keputusan kepengurusan 22 Pengcab Perbasi se-Sumut. **