Pabersi Medan Dikukuhkan, Lifter Medan Boyong Juara Umum Kejuaraan Angkat Berat Terbuka 2021

Selasa, 2 Maret 2021 | 17:50 WIB
Medan, MPOL:  Keberhasilan menyegel gelar juara umum di Kejuaraan Angkat Berat Medan Open yang digelar Sabtu dan Minggu 27-28 Februari di Aula Quba Asrama Haji Medan, patut kita jadikan titik awal kebangkitan di tahun 2021 untuk tampil lebih mempersiapkan diri lagi di event selanjutnya yang akan digelar di Pematang Siantar pada bulan April mendatang. Artinya dalam posisi raihan 10 keping medali emas yang diraih lifter-lifter Medan diajang ini bukanlah satu hal yang didapat dengan mudah.
Terlebih lagi perolehan yang kita capai hanya berselisih 1 medali emas dari kontingen Kota Binjai yang berada di posisi runner up dengan torehan 9 emas, itu artinya posisi kita belum aman jika ingin mendominasi di event berikutnya. Hal itu dikatakan ketua Pengurus Kota  Perkumpulan Angkat Berat Seluruh Indonesia (Pengkot Pabersi) Kota Medan, Dingin Pakpahan SH.MH pada wartawan usai pengalungan medali, Minggu (28/2/2021).
Lanjutnya, persiapan selanjutnya harus lebih matang. Anak-anak akan lebih serius kita latih termasuk wajib menjalankan setiap program latihan. “Usai event ini anak-anak akan kami persiapkan lebih serius dan bekerja keras lagi dalam berlatih.”Dan pelatih juga akan saya arahkan untuk memberikan pola latihan sesuai kemampuan yang dimiliki atlet kita.”Artinya di posisi ini saya mewanti-wanti setiap atlet untuk bekerja keras menjalankan program latihan yang diberikan pelatih. “Karena jika kita tidak serius mempersiapkan atlet, maka bukan tidak mungkin posisi kita bakal ditikung kab/kota lain di event selanjutnya yang aman kita ikuti,”tutur Dingin.
Sementara itu, suport tinggi disampaikan ketua umum PB Pabersi, Anna Maria yang hadir langsung menyaksikan kejuaraan dan pelantikan Pabersi Medan. “Salut dan bangga saya bisa berada ditengah-tengah atlet dan pengurus yang hadir di kegiatan ini. “Bagi saya Sumut cukup luar biasa dan patut kita berikan penghargaan dan apresiasi dalam hal pengembangan dan pembinaan cabang angkat berat.
“Dimana momen pelantikan dan event dapat digelar dengan sukses.”Dan itu kita lihat saat melantik saudara Herman Hutagalung sebagai ketua Pengprov Pabersi Sumut September 2020 lalu, event kejurda angkat berat sukses dilaksanakan dengan baik. “Dan di momen pelantikan Pabersi Medan yang dikomandoi bung Dingin Pakpahan, event Medan Open juga dapat sukses digelar sesuai protokol kesehatan.”Artinya saya melihat, sosok-sosok orang muda di Sumut tidak dapat diragukan lagi dalam hal pengembangan olahraga termasuk angkat berat,” ucapnya.
Sedangkan Ketua Umum KONI Medan, Drs Eddy H Sibarani mengatakan, dalam mengurus olahraga kita harus mengorbankan baik itu tenaga, pikiran bahkan anggaran yang tidak sedikit. Untuk itulah Koni Medan berharap, pengkot Pabersi Medan yang baru dilantik dapat memberikan kontribusi pembinaan dan prestasi bagi kontingen Medan disetiap event yang diikuti. “Untuk itulah kami dari KONI Medan meminta teruslah berbuat dalam hal sebagai pencetak para atlet angkat berat masa depan di Medan khususnya dan Sumut pada umumnya. Apalagi KONI Medan siap diajak berdiskusi kapanpun,”ucap Eddy.
Sementara Ketua Pengprov Pabersi Sumut, Hermansyah Hutagalung SH MH mengatakan, siap mensuport program- program pembinaan yang dijalankan Pabersi disetiap Kabupaten/kota. Semua pengurus  Pabersi disetiap kabupaten/kota akan didukung untuk banyak melahirkan bibit-bibit atlet. Terlebih lagi dalam kurun waktu 4 tahun kedepan, Pabersi daerah ini akan menghadapi pesta akbar multi event PON dimana Sumut sebagai tuan rumah bersama Aceh. “Artinya dalam posisi ini, persiapan atlet yang memiliki kualitas nasional harus disiapkan sedari dini,” kata Hermansyah Hutagalung.
Sedangkan pembina Kombes Pol (Purn) Dr. Maruli Siahaan SH.MH mengatakan, ia bersama pansehat lainnya akan terus memantau bahkan memberikan masukan yang terbaik kepada Pabersi Medan guna bekerja lebih baik lagi kedepan. Apalagi pada 2024 mendatang Sumut akan menjadi tuan rumah PON bersama Aceh.
“Kita harus bekerja keras untuk mewujudkan sebagai tuan rumah yang baik. Selain itu para atlet juga diminta jangan terlena, tapi teruslah berlatih ssbaik mungkin agar prestasi maksimal dapat dicapai,” pungkas Maruli mengakhiri.
Sementara itu Kontingen kota Medan sukses merebut 10 emas, 3 perak dan 1 perunggu  sekaligus menyegel gelar juara umum. Posisi kedua, diraih kontingen Binjai dengan 9 emas, 2 perak, 5 perunggu. Sedangkan tempat ketiga diraih Pematang Siantar dengan 4 emas, 6 perak serta 4 perunggu.