Nawal Lubis Buka Kejurnas Senam Kreasi Sport Sience X IOSKI Sumut

Senin, 20 Juni 2022 | 21:48 WIB

 

Medan, MPOL: Ketua Tim Penggerak PKK Sumut Nawal Lubis Edy Rahmayadi secara resmi membuka Kejuaraan Senam Kreasi sport sience X, tingkat nasional yang berlangsung secara langsung dan virtual yang diselenggarakan oleh Ikatan Olahraga Senam Kreasi (IOSKI) Sumut, menyongsong Pekan Olahraga Nasional (Pornas) di Palembang Juli mendatang, Sabtu ( 19/6) di Gedung Astaka Jalan Williem Iskandar/Pancing Medan.

Nawal Lubis dalam sambutan dan arahannya yang dibacakan Sekretaris TP PKK Sumut, Reza Fahlevi Lubis,SE menyampaikan salam olahraga buat seluruh insan olahraga di seluruh tanah air yang sedang mengikuti Kejurnas Senam Kreasi yang berlangsung secara langsung dan virtual.

Pihak TP PKK Sumut sangat senang dan bangga dengan terselenggaranya acara Kejurnas Senam Kreasi Tahun 2022 yang di selenggarakan oleh IOSKI Sumut yang bertepatan dengan perayaan HUT ke-1 IOSKI Sumut. TP PKK Sumut mendukung dan mengajak IOSKI Sumut untuk berkolaborasi memberikan pelatihan senam kreasi Rentak Sumut bagi anggota TP PKK Sumut sekaligus memasyarakatkannya ke seluruh Kota/Kabupaten di Sumatera Utara.

“ Ajang Senam Kreasi tingkat Sumatera Utara tahun 2022, semangat bugar dan tekat berkreasi serta berbudaya dalam mensukseskan tradisi sehat penuh ceria serta mendukung peningkatan derajat kesehatan masyarakat demi Sumut bermartabat dari seluruh peserta dan penyelenggara yang patut diberikan acungan jempol sebagai apresiasi tertinggi, semoga seluruh rangkaian acara dapat berhasil sesuai harapan kita, “ ujar Nawal Lubis.

Konsep penyelenggaraan kegiatan ini merupakan semngat kerja keras para pencinta dan penjaga kebugaran dan berkreasi berupa pencampuran aspek kesehatan jasmani dan rohani sebagai bentuk penggabungan antara olah gerak fisik dengan oleh kreasi seni yang bermuara pada aspek membudayakan, sebagai bentuk integrasi secara totalitas senam dan kreasi dalam mengintervensi minat masyarakat dalam mencintai kesehatan melalui senam yang menarik.

“Melalui metode senam kreasi ini sangat diharapkan menjadi salah satu solusi penyegaran dalam membugarkan semaangat dan keinginan untuk berolahraga. Saya berharap dan berkeinginan agar pada Hut IOSKI Sumut ke 1 dapat dijadikan sebagai momentum untuk membesarkan senam kreasi dan sejenisnya serta membangun tekat untuk melahirkan ide-ide kreatif dalam rangka mengajak masyarakat mencintai kesehatan melalui senam kreasi yang semakin menarik dan beradaptasi dengan jiwa seni yang diminati masyarakat secara berkelanjutan,” sebut nawal Lubis.

Acara tersebut berlangsung tertib dan lancar dengan mengedepankan protokol kesehatan (Prokes) Covid-19. Turut hadir Kabid Pemberdayaan Olahraga Dispora Sumut, Drs Jhosua Sinurat,MM, Ketua IOSKI Sumut, Agus Salim Samosir, M.Or, Sekretris Kormi Sumut Budi Saputra, Ketua Jurusan Ilmu Keolahragaan Unimed, Zulaini,SKM,M.Kes, Anggota DPRD Sumut Fraksi asDem, dr Mustafa Kamil Adam,Sp.PD diwakili Sahabat dr.Mustafa, Yus Adipati SS dan Ketua Panitia Elsyad Diwa Putra serta ratusan peserta lomba senam kreasi.

Sementara itu, Ketua IOSKI Sumut, Agus Salim Samosir, M.Or dalam sambutannya menyampaikan Kejuaraan Senam Kreasi tingkat nasional adalah rangkaian dari HUT IOSKI Sumut ke-1, selama satu tahun IOSKI Sumut telah banyak menjalankan terkait olahraga senam kreasi antara lain menggelar Festisu 2021 membentuk cabang di 11 Kab/Kota se Sumut, menciptakan produk-produk senam kreasi antara lain senam 8 etnis Sumatera Utara, Rentak Sumut, mengadakan pelatihan-pelatihan dan penjurian serta workshop nasional.

Dikatakan, penyelenggaraan Senam Kreasi tingkat nasional 2022 dimana anggaran utama yang diperoleh masih dari swadaya peserta.”Harapannya demi kemajuan olahraga dan budaya khususnya di Sumatera Utara, saya sangat berharap adanya kolaborasi seluruh stakehorder dan dinas terkait khusunya memberikan support secara materi dan meminta seluruh akses sarana olahraga untuk dapat dipergunakan semestinya,” katanya.

Ditambahkannya, dalam waktu dekat IOSKI Sumut akan mengikuti event akbar Pornas olahraga rekreasi nasional yang diselenggarakan di Palembang 1-7 Juli mendatang. Untuk itu kami butuh support dan bantuan dana demi prestasi dan berkembangnya olahraga di Sumut, tandas Agus Salim Samosir.

Sebelumnya Ketua Panitia Kejuaraan Senam Kreasi, Elsyad dalam laporannya menyampaikan jenis perlombaan yakni Rentak Sumut group, secara langsung dan virtual,lomba Rentak Sumut Indivi secara virtual, lomba aerobic group dan senam kreasi individu secara langsung.

Pemenang Lomba.

Berdasarkan hasil penilaian tim juri Kejurnas Senam Kreasi Rentak Sumut Group dimenangkan, Juara 1 Sanggar Senam Arkana dengan nilai 425,6, Juara 2 Dance Crew Padang Lawas dengan nilai 420,6, Juara 3 Pawang Buaya FIK Unimed dengan nilai 410,2, Harapan 1,2 dan 3 masing-masing Trio Squad of Porpi Bali dengan nilai 395,4, Sanggar Senam Hore Medan nilai 385,1 dan SMPN 1 Murung dengan nilai 361,6.

Sedangkan pemenang Senam Kreasi Rentak Sumut Individu di menangkan I Gede Yudi Septian asal Bali, juara 2 Zidan Pratama/SMP Generasi Bangsa Medan, Juara 3 Nur Kharisma Fajriah/FIK Unimed, Harapan 1,2 dan 3 masing-masing Van Wien Porpi Bali, Hafiah Zahra/Man Langkat dan Yanti asal Sumut.**