Mayjen Komaruddin Simanjuntak Resmikan Pusdiklat Pertina Sumut ‘Manalu Boxing Camp’

Selasa, 13 April 2021 | 16:04 WIB

 

Medan, MPOL: Ketua Umum Pengurus Pusat Persatuan Tinju Amatir Nasional (PP Pertina) Mayjen TNI (Purn) Dr.C. Komaruddin Simanjuntak, meresmikan Pusat Pendidikan dan Pelatihan (Pusdiklat) Pertina Sumut ‘Manalu Boxing Camp’ di Jl Bunga Herba no 88 Medan, Minggu (11/4/2021).

Pusdiklat Pertina Sumut itu diharapkan menjadi motivasi bagi para atlit untuk terus berbenah untuk meraih prestasi, khususnya dalam menyambut PON XXI 2021 di Papua.

Peresmian ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Ketua PP Pertina Mayjen TNI (Purn) Dr.C. Komaruddin Simanjuntak, Kepala Dinas Pemuda dan Olah Raga Sumatera Utara Ir Ardan Noor,MM, Anggota DPD RI yang juga Pembina Pertina Sumut Pdt Dr. Willem TP Simarmata,MA, Ketua KONI Sumut John Ismadi Lubis, dan Ketua Pertina Sumut Romein Manalu,ST. Juga dirangkai dengan ‘Duel Meet Atlit Pelatda Pertina Sumut vs Atlit Pelatda Pertina Aceh dan Tim B’.

Pada kesempatan itu, Komaruddin mengapresiasi pengorbanan dan kerelaan yang diberikan Ketua Pertina Sumut untuk mempersembahkan sebidang lahan dan bangunan untuk pembinaan atlit tinju di Sumatera Utara.

“Kita bangga ada orang gila yang mau membangun dan mempersembahkan asset seperti ini. Saya bangga ada bertambah orang gila tinju,” ujarnya.

Menurutnya, apa yang dilakukan Romein Manalu sudah tepat sebagai Pembina petinju harus berfikir untuk memberikan sarana kepada para atlit. Sama halnya dengan pelatih, tidak cukup hanya dengan memberikan pelatihan, namun juga harus menjadi ayah bagi atlit. Kemudian, para atlit diharapkan memanfaatkan fasilitas yang telah dipersembahkan Ketua Pertina tersebut. Komaruddin mengatakan, saat diirnya menjabat sebagai Ketua PP Pertina, memiliki visi membangun sarana dan olahraga tinju.

Komaruddin berharap, akan lahir atlit-atlit tinju yang mengharumkan nama Sumatera Utara ke depan, bahkan mengembalikan masa kejayaan tinju Sumatera Utara yang pernah gemilang di tahun 1970 an.

Hadir dalam acara tersebut, Ketua Tim PON Sumut, Sabam Parulian Manalu, SE, PHD, yang mengatakan bahwa pembinaan para atlit bertujuan untuk mencetak prestasi dan mengubah masa depan. Hal itu tidak akan tercapai tanpa adanya sarana dan prasarana.

Kini, kata Sabam yang juga Ketua Pertina Medan itu, Sumut memiliki 5 Pusdiklat yang dilengkapi dengan fasilitas pelatihan.

“Pusdiklat harus menjaga kesehatan atlit, menjaga asupan gizi, menjaga latihannya. Maka itu, pusat latihan itu harus memiliki tempat penginapan para atlit,” ujarnya.

Sabam Parulian yang menjabat sebagai Ketua F.SPTI-K.SPSI Sumut itu  juga memperkenalkan para atlit Pelatda Sumut yang akan dilaga di PON XXI Papua nantinya. Dia berharap, bahwa atlit tinju Sumut akan mengukir prestasi di tingkat nasional bahkan internasional.

Sebelumnya, Ketua Pertina Sumut Romein Manalu, ST, mengatakan bahwa pembangunan Pusdiklat tersebut merupakan persembahan atas terpilihnya Mayjen TNI (P) Komaruddin Simanjuntak sebagai Ketua Umum PP Pertina.

“Pembangunan dimulai sejak terpilihnya bapak Ketua Umum di Jakarta, dan ini kami siapkan dengan segala upaya sehingga kita bisa gunakan saat ini, dan diresmikan Ketua Umum,” ujarnya.

Romein berharap, dengan adanya Pusdiklat Tinju Pertina Sumut tersebut, akan meningkatkan semangat latihan bagi para atlit. Demikian halnya, keseriusan pemerintah memperhatikan olah raga tinju. Demi terukirnya prestasi demi prestasi dengan tetap mengutamakan kesehatan dan kebugaran.

Pada acara yang dipandu MC Eddy Simanjuntak tersebut, Ketua Panitia Adol Frian Manalu,STP,MMA mengucapkan terima kasih kepada seluruh undangan dan Ketua Umum PP Pertina yang telah bersedia hadir dan meresmikan Pusdiklat Pertina Sumut ‘Manalu Boxing Camp’ tersebut.

Selain ucapan terima kasih, melalui panitia Ketua Pertina Sumut dan jajaran memberikan cinderamata kepada Ketua Umum Pertina dan undangan lainnya berupa ulos. **