Kecewa Dengan Ketidakhadiran Dispora di Selekda PraPOPNAS, Pertina Sumut Tetap Optimis

Senin, 27 Juni 2022 | 22:37 WIB

 

Medan,MPOL: Seleksi Daerah Pra Pekan Olaraga Pelajar Nasional (Pra POPNAS) cabang olahraga tinju Sumut telah berlangsung pada 24-25 Juni 2022 di Pusdiklat Pertina Sumut di Jl Tabgguk Bahagia 1, Kel. Besar, Kecamatan Medan Labuhan,Kota Medan.

Meski tanpa kehadiran perwakilan Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi sebagai induk pelaksana kegiatan tersebut, Pertina Sumut sepertinya tidak surut dalam melakukan pembinaan terhadap atletnya.

Sebagaimana pantauan pada pelaksanaan kegiatan, Ketua Pengprov Pertina Sumut Sabam Parulian Manalu, SE,MAP, PHD tidak meninggalkan Pusdiklat. Dengan tetap memperhatikan secara menyeluruh pertandingan yang berlangsung yang juga dihadiri perwakilan KONI Sumut Drs Roberto Sembiring, Sekum Pertina Sumut Junhaidel Samosir, SH,MH, Reinhart Manurung,SH, Jodi Nainggolan, Dr. Nimrot Manalu,M.Kes, AIFO serta para Pengurus Kabupaten/Kota yang mengirimkan atletnya untuk mengikuti seleksi.

Sabam Parulian Manalu, mengaku bangga dengan hasil yang dicapai para petinju muda pada Prapopnas kali ini.

“Para atlet tinju tingkat pelajar yang lolos kali ini adalah yang terbaik, kita akan terus bina para petinju muda kita hingga tingkat nasional dan internasional,” ucapnya.

Sabam berpesan kepada para atlet agar terus giat berlatih dan jangan mudah menyerah.

“Kepada atlet tinju yang lolos pada Prapopnas ini agar terus berlatih dan pantang menyerah, sedangkan yang belum lolos jangan putus asa, tetap semangat dan tetap berlatih. Tidak ada kata menyerah bagi para petarung sejati,” sebutnya.

Namun ketika ditanyakan tentang dukungan pemerintah untuk kegiatan ini, Sabam enggan memberikan komentar. Kemudian, saat wartawan menanyakan hal ini melalui Direktur Eksekutif Pertina Sumut Adol Frian Rumaijuk, STP,MMA mengatakan pihaknya sangat kecewa dengan ketidak hadiran perwakilan Dispora.

Pasalnya, kata Adol, perhelatan ini harusnya menjadi kesempatan bagi Dispora untuk melihat keseriusan pembinaan atlet di Sumut.

“Sengaja kita pilih pelaksanaan lebih awal dan itu sudah melalui kesepakatan dengan Dispora, agar bisa mendapat perhatian. Nyatanya tidak hadir menyaksikan penampilan atlet kita,” kata pria yang kini juga tengah membina sejumlah anak-anak di sasana tinju Manalu Boxing Camp yang ada di Jl. Bunga Herba, Simpang Selayang Medan itu.

Dijelaskannya, sesungguhnya Pertina Sumut sudah mengetahui kualitas petinjunya. Namun karena Dispora meminta dilakukan Selekda, sehingga kegiatan itu dilakukan.

“Kita sudah konfirmasi ke Dispoea melalui stafnya, Rumiris, yang juga pengurus Pertina Sumut sebenarnya. Alasannya, ya katanya sibuk semua pejabat disana,” ujarnya kesal.

Adol pun mengatakan, sesuai komitmen Ketua Pengprov Pertina Sumut, pihaknya akan tetap melakukan pembinaan yang baik terhadap atlet tinju. Terutama dalam mempersiapkan atlet tinju Sumut menyongsong PON 2024.

“Rencananya pada Juli 2022 juga akan digelar Kejurnas Tinju Elite di Sumut, jadi kita tidak ada waktu untuk bermain-main,” ujarnya.

Ketua Bidang Pembinaan  Pengprov Pertina Sumut Anharsyahtua Hrp juga mengatakan hal yang sama. Pihaknya berharap agar lintas sektor tetap memberikan dukungan bagi prestasi olahraga Sumut, khususnya cabor tinju yang sangat butuh perhatian, baik dari sarana dan prasarana. **