Kalbar Lempar Handuk, Sumut Nyatakan Siap Menjadi Tuan Rumah Kejurnas Tinju Tahun 2022

Jumat, 1 Juli 2022 | 18:29 WIB

 

Medan,MPOL; Pengurus Provinsi Persatuan Tinju Amatir Indonesia (Pertina) Sumatera Utara menyatakan kesiapannya sebagai tuan rumah pelaksanaan Kejuaraan Nasional Tinju Junior dan Youth Tahun 2022 setelah Kalimantan Barat menyatakan ketidak sanggupannya melaksanakan iven bergengsi tersebut. Hal itu sesuai dengan Surat PP Pertina Nomor 56/KU/PP.PERTINA/VI/2022 tanggal 24 Juni 2022 perihal Penawaran Debagai Tuan Rumah Kejurnas Junior dan Youth Tahun 2022.

“Kita tinggal menunggu persetujuan PP Pertina, kebetulan kita juga harusnya menjadi tuan rumah Kejurnas Tinju Elite, maka kami akan melaksanakannya sekaligus pada tanggal 1-8 Agustus 2022,” kata Ketua Pengprov Pertina Sumut Sabam Parulian Manalu, SE.,MAP,PHD kepada media setelah melayangkan surat kesiapannya ke PP Pertina pada 30 Juni 2022.

Dijelaskan, bahwa pelaksanaan Kejurnas Tinju Elite, Junior dan Youth Tahun 2022 akan diselenggarakan di Gor Mini Dispora Sumut di Jl. Williem Iskandar, Pancing. Dengan menerapkan dua ring, untuk memperlancar kejuaraan. “Kita tunggu persetujuan PP Pertina. Kita akan kerjakan dengan dukungan Pemerintah Provinsi Sumut, bapak Gubernur Edy Rahmayadi,” katanya.

Sabam juga menyebutkan, bahwa pihaknya tetap berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi Sumut untuk kesuksesan kegiatan tersebut. “Ini menjadi bagian penting bagi kami, karena Sumut akan menjadi tuan rumah PON 2024. Kami bersama pemerintah daerah akan melangkah bersama menyongsong PON XXI Aceh-Sumut lewat kejuaraan-kejuaraan seperti ini,” katanya yang juga didampingi Sekretarisnya Junhaidel Samosir, SH,MH, Bendahara Ganda Putra Simbolon,SH dan pengurus lainnya.

Sebagaimana diketahui,
Kejurnas Junior & Youth seharusnya berlangsung di GOR Pangsuma, Pontianak, Kalimantan Barat, 28 Juni sampai dengan tanggal 6 Juli 2022
Namun, Pengprov Pertina Kalimantan Barat yang sudah menyanggupi sebagai sebagai tuan rumah, tiba-tiba di tengah jalan menyatakan menunda pertandingan hingga bulan September 2022. Tidak lama kemudian dan pada akhirnya harus lempar handuk. Kejurnas batal di Kalimantan Barat.
Akibat pandemic berkepanjangan, Kejurnas Junior & Youth sudah tiga tahun tidak dipertandingkan. Terakhir diikuti 21 provinsi dan berlangsung di GOR Mini Futsal Disporasu, Deli Serdang, 26-31 Agustus 2019. Tuan rumah Sumatera Utara berhasil keluar sebagai juara umum dengan mengumpulkan medali emas-perak-perunggu 8-6-12.

Posisi 5 besar Kejurnas Junior & Youth 2019, Sumatera Utara: 8-6-12; Jawa Barat: 4-5-9; DKI Jakarta: 6-0-0; Sulawesi Utara: 4-1-7; Nusa Tenggara Timur: 2-4-5; Sementara, Kejurnas Elite sudah tidak dipertandingkan sejak berlangsung di GOR Saburai Bandarlampung 2019. Kejurnas ditukar dengan pertandingan Pra PON Wilayah Tengah dan Wilayah Timur jilid I di Ternate Oktober 2019, Pra PON Wilayah Barat di Bengkulu November 2019, dan Pra PON Wilayah Tengah dan Wilayah Timur di Bogor Desember 2019.**