Hinca Panjaitan “Bakar” Semangat Lifter Sumut

Minggu, 20 September 2020 | 13:57 WIB
Medan, MPOL : Pembina Perkumpulan Angkat Berat Seluruh Indonesia (PB PABERSI), DR. Hinca Panjaitan menilai, semangat dan daya saing lifter-lifter angkat berat Sumatera Utara dalam memburu medali di Pekan Olahraga Nasional (PON) XX 2021 patut diberikan motivasi dan perhatian lebih.
     “Saya melihat lima atlet kebanggaan kita  yang tengah mempersiapkan diri menuju multi event di Papua tahun depan cukup memiliki aura positif untuk bersaing dengan lifter dari provinsi lainnya.
     “Artinya dalam kaitan ini, tugas saya sebagai putra Sumatera Utara adalah “Membakar” semangat duta-duta atlet Sumut ini untuk semakin bersemangat dalam berlatih menuju pesta akbar olahraga di tanah air tersebut,” ucap mantan Plt Ketua umum PSSI ini, saat menerima audensi Pengprov Pabersi Sumut di Rumah Politik Hinca, Jalan Sisingamangaraja.
     Secara terang diuraikannya, sebagai cabang yang menjadi langganan penyumbang medali dalam kurun waktu delapan tahun ini yakni  PON Riau dan Jabar, kontribusi atlet-atlet yang ada cukup mumpuni untuk kita andalkan dalam mengharumkan nama daerah.
     Bagi saya, ini patut prioritas pengurus Pengprov Pabersi Sumut dibawah komando Hermansyah Hutagalung SH.MH. Dan dalam kaitan ini, tugas berat ada di kepungurusan Pabersi Sumut guna menciptakan banyak prestasi. “Bung Hermansyah dan jajaran pengurus memiliki tugas yang berat dalam membimbing atlet-atlet binaannya.
     Makanya tidak salah jika dalam mencapai tujuan prestasi, saya pribadi siap mendukung dan turut memberikan masukkan pada Pengprov Pabersi Sumut.”Saya melihat aura keberhasilan ada pada atlet.”Artinya lagi, sebagai putra batak yang memiliki darah kuat di dunia olahraga, saya siap untuk membantu Pengprov Pabersi Sumut dalam melahirkan prestasi, baik di level nasional maupun internasional,”kata anggota Komisi III DPR-RI ini.
     Sementara itu, ketua Pengprov Pabersi Sumut, Hermansyah Damai Hutagalung menyambut hangat semangat yang ditularkan pembina PB Pabersi. “Kami  terima  wejangan (nasehat) dari bang Hinca. “Dan PR yang diberikan akan kami tindaklanjuti dengan akan memberikan banyak prestasi di Sumut.”
     Termasuk juga dalam melahirkan bibit-bibit atlet di Kab/kota,”tutur Hermansyah.
Tidak hanya soal prestasi, langkah dalam memberikan kehidupan yang layak bagi kelangsungan lifter-lifter yang ada juga turut menjadi program utama pengurus Pabersi Sumut.
     “Kami sudah mengusulkan pada Gubsu Edy Rahmayadi saat beraudensi beberapa hari lalu. “Dan kami meminta perhatian lebih pada pak Gubsu soal nasib atlet yang sudah mengharumkan nama daerah di multi-multi event olahraga.
     “Di kesempatan itu pak Edy menyambut baik dan akan ditindaklanjuti jika atlet-atlet mengukir medali di PON 2021. Memang lanjut Herman, atlet kita seperti Faebolo Dodo Gowasa mendapatkan pekerjaan sebagai Satpam di PDAM Tirtanadi karena prestasinya di PON. Sedangkan Teguh Imam Santoso juga mendapatkan pekerjaan sebagai honor di PDAM juga karena prestasi di Kejurnas.
     Tapi curhat kami pada Gubsu, jika atlet-atlet berprestasi dapat diberikan pekerjaan yang layak, kami kira itu baru pas sebagai ganjaran atas prestasi yang telah diukir,”tandas Herman.
Hadir pada kesempatan tersebut, jajaran atlet-atlet angkat berat Sumut, masing-masing Muhammad Irfan, Luwi, G ‘Riko’ Sirait, Teguh Imam Santoso, Faebolo Dodo Gowase, pelatih Nanang Suheri dan jajaran pengurus Pengprov Pabersi Sumut.