Gelar Rakerprov, Pertina Sumut Sepakati Musprov 19 Pebruari 2022

Minggu, 19 Desember 2021 | 00:03 WIB

 

Medan,MPOL: Rapat Kerja Provinsi Pengprov Pertina Sumut menyepakati jadwal pelaksanaan Musyawarah Provinsi (Musprov) diagendakan untuk dilaksanakan pada Sabtu tanggal 19 Februari 2022 mendatang. Musprov dengan agenda pemilihan ketua Pertina Sumut itu sebelumnya ditunda karena dibutuhkan waktu untuk sosialisasi Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Pertina yang baru disahkan melalui Munaslub di Medan.

Sebagaimana disepakati dalam Rakerprov yang dilaksanakan di Pusdiklat Pertina Medan, Griya Martubung Medan, Sabtu (18/12/2021). Rapat yang dipimpin Ketua Pengprov Caretaker Pertina Sumut Sabam Parulian Manalu,SE,PHD didampingi Wakil Ketua Anharsyahtua Harahap, Wakil Sekretaris Morris Sihaloho, Bendahara Adol Frian Rumaijuk, STP,MMA dan yang lainnya serta dihadiri para pengurus Kabupaten/Kota se Sumut.

“Sesuai amanah Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga, pelaksanaan Musprov itu harus ditetapkan melalui Rakerprov sehingga kita bersama merumuskannya hari ini,” ujar Sabam saat membuka rapat.

Melalui Rakerprov tersebut, selain jadwal pelaksanaan Musprov, juga disepakati peserta yang memiliki hak suara di Musprov nantinya yaitu Pengkab/Pengkot yang SK masih aktif termasuk daerah yang memiliki tim caretaker. Kemudian, sebagaimana usul dari Ketua Harian Pengkot Pertina Medan, Dr Nimrot Manalu,M.Kes, AIFO agar bagi calon ketua yang akan dipilih harus mendapat dukungan minimal 40 % dari jumlah peserta Musprov. Hingga saat ini, ada 15 Pengkab/Pengkot yang aktif dan 5 SK Caretaker.

Kemudian, sejumlah kesepakatan lainnya dibuat untuk suksesi Musprov mendatang. Tanpa mengabaikan batasan yang diatur dalam Anggaran Dasar maupun Anggaran Rumah Tangga terkait sosok calon ketua Pengprov Pertina.

“Semua kita sepakati dengan menaati pedoman kita yaitu, AD dan ART yang berlaku,” ujar Sabam.

Dijelaskan Sabam, sebagaimana kesepakatan bersama bahwa detail proses pelaksanaan Musprov akan disampaikan melalui panitia yang akan dibentuk kemudian. Berhubung pelaksanaan Musprov disepakati di Medan, maka untuk susunan panitia pelaksana, Pengprov Caretaker Pertina Sumut akan menyusun panitia bersama pengurus kota Medan.

Kemudian dalam Rakerprov sesuai agenda disepakati untuk penetapan kalender kegiatan tahun 2022 akan diserahkan kepada Ketua Pengprov Pertina Sumut yang terpilih di Musprov mendatang.***