FOPI Sumut Ditantang Persiapkan Atlet Berkualitas di PON 2024

Minggu, 21 Februari 2021 | 16:39 WIB
Medan, MPOL: Ketua Umum Pengurus Besar Federasi Olahraga Petanque Indonesia (FOPI) Caca Isa Saleh lantik pengurus FOPI Sumut periode 2020-2024 dengan Ketua Umum dr Liliana Puspa Sari, SPd, MKes, secara daring di Gedung Serba Guna STOK Bina Guna Medan, Sabtu (20/2/2021).
Dalam sambutannya, Ketua Umum PB FOPI Caca Isa Saleh mengapresiasi perkembangan FOPI Sumut dengan baik. Perkembangan tersebut juga beriringan dengan prestasi FOPI Sumut sendiri.
“Sumut telah berhasil dalam pengembangan olahraga ini. Selamat kepada Bu Lili, selamat kepada pengurus FOPI Sumut,” katanya.
Caca menyebutkan, jika tugas berat FOPI Sumut adalah menyelenggarakan olahraga asal Prancis ini di PON 2024 dengan Sumut dan Aceh tuan rumah bersama.
Hal yang sama pun dikatakan Ketua Umum KONI Sumut John Ismadi Lubis, juga mengaku perkembangan dan prestasi petanque di Sumut sangat baik dengan kepemimpinan dr Liliana Puspa Sari, SPd, MKes. Baru berumur empat tahun, petanque Sumut lolos ke PON 2020 Papua dan sepatutnya tampil. Namun sayangnya, petanque salah satu dari 10 cabor yang tidak dipertandingkan dalam ajang tersebut.
“Prestasi FOPI Sumut berhasil mengantarkan Sumut di PON 2020. Tapi sayang, sudah diputuskan 10 cabor tidak dipertandingkan,” akunya.
Namun, hal tersebut kiranya tak menyurutkan semangat para pengurus untuk melakukan pembinaan terhadap atlet.
Tugas Berat FOPI Sumut, Gelar Petanque Perdana di PON
Kepada pengurus FOPI Sumut yang baru, John berharap mempersiapkan diri untuk PON 2024, saat Sumut menjadi tuan rumah bersama Aceh. Ia mengakui, jika hal tersebut tak mudah. Sebagai tuan rumah, tentu pula menjadi tumpuan untuk tampil sebagai juara.
“Tugas Pengprov sangat berat karena FOPI Sumut harus persiapkan PON 2024 saat menjadi tuan rumah. Terutama menyiapkan perangkat pertandingan,” ujar John.
Ia yakin, hal tersebut akan tercapai dan harus sudah dimulai. Terutama dalam hal pembinaan terhadap atlet.
“Saya yakin, saat kita menjadi tuan rumah petanque pertama di Indonesia, saya yakin kita (Sumut) meraih prestasi emas. Kita punya waktu 3,5 tahun lagi. Kita harus sukses penyelenggaraan sebagai tuan rumah, sukses prestasi dan sukses perekonomian,” tuturnya.
Sementara itu, Kadispora Sumut Ardan Noor berharap agar prestasi FOPI Sumut terus meningkat. Sebab, pencapaian prestasi olahraga Sumut ditingkat nasional saat ini, belum membanggakan.
“Prestasi atlet Sumut belum mengembirakan. Event nasional atlet Sumut hanya peringkat ke-9 di PON Jawa Barat,” sebut Ardan.
Tugas saat ini, katanya, mendorong pembinaan terhadap atlet dan persiapan menjadi tuan rumah PON 2024 mendatang.
“Lakukan terobosan pembinaan terhadap Pengcab. Susun program jangka pendek untuk pembinaan atlet,” pungkasnya.
Pelantikan tersebut sekaligus dirangkai dengan pelantikan FOPI Pengkot dan Pengkab. Yakni, Pengkot Medan dan Binjai, serta Pengkab Langkat, Serdang Bedagai, dan Simalungun.