Dukung Program KASAD, PP PBFI Berharap Muncul Atlet Binaraga dari TNI

Sabtu, 3 Oktober 2020 | 21:03 WIB
Jakarta, MPOL : Ketua Umum Pengurus Pusat Perkumpulan Binaraga Fitness Indonesia (PP PBFI), Irwan Alwi mengucapkan terima kasih Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD), Jenderal TNI Andika Perkasa yang telah membangun arena fitness (gym) di Kodam dan Kesatuan.
Apalagi, KSAD mengharapkan hubungan TNI dan masyarakat bisa ditingkatkan melalui olahraga.
     “PP PBFI siap mendukung program pak Andika Perkasa yang ingin meningkatkan hubungan masyarakat dengan TNI melalui dunia olahraga. Dan, kami siap menjalin kerja sama terutama dalam pengembangan olahraga binaraga,” kata Irwan Alwi di Jakarta, Sabtu (3/10/2020).
     Pendirian gym di Kodam dan kesatuan itu, kata Irwan Ali, sangat membantu program PP PBFI yang sudah resmi berdiri 27 Agustus 2020 dalam mengembangkan olahraga binaraga di Indonesia. Bahkan, dia berharap akan muncul atlet binaraga dari TNI.
     “Kita berharap dari gym-gym yang ada di Kodam dan kesatuan bisa muncul atlet binaraga berkualitas dari kalangan TNI yang bisa membawa nama harum bangsa dan negara. Dan, saya yakin itu karena anggota TNI terkenal sangat disiplin,” katanya.
     “Dulu di era tahun 70-an, kita puya atlet binaraga dari TNI di antaranya Pandu Mirawan, Aries  Suparto. Keduanya juga cukup dikenal di kancah nasional. Aries Suparto yang tercatat sebagai anggota CPM itu merupakan juara Master Nusantara di Salatiga tahun 1979,” timpal Ketua Bidang Organisasi PP PBFI, Jopie Irawan yang juga mantan atlet binaraga nasional.
     Ketua Bidang Bidang Pembinaan dan Prestasi PB PBFI, Benny Ciptawijaya menambahkan, pada PON Papua 2021 terdapat dua prajurit TNI tampil yang mewakili daerahnya. Yakni, Serma Atang Effendi dari Jawa Barat dan Sertu Andrianto Marta dari Aceh. “Olahraga binaraga itu bukan hanya berkembang di TNI tetapi di Polri juga,” katanya.
     Sebelumnya, KASAD Jenderal TNI Andika Perkasa mengharapkan wadah olahraga yang ada di Kodam V/ Brawijaya dapat meningkatkan hubungan komunikasi TNI dengan masyarakat umum   “Dengan adanya wadah olahraga di Kodam V/ Brawijaya ini kita berharap selain memotivasi prajurit dapat meningkatkan hubungan kita dengan masyarakat umum,” katanya.
     Selain melakukan kunjungan untuk berolahraga, KASAD juga berkesempatan untuk melihat kondisi bangunan gym yang baru selesai dibangun beserta fasilitasnya. Selain itu, Andika Perkasa juga berolahraga bersama wadah olahraga yang ada di Kodam V/ Brawijaya yaitu, Pamping Iron Brawijaya Gym.
Wadah tersebut didirikan oleh salah seorang personel TNI AD Mayor Inf Edi Tri.
     Pamping Iron Brawijaya Gym didirikan, selain dengan visi dan misi untuk mengajak para prajurit juga terbentuk dari sejarah Mayor Inf Edi Tri sendiri. Mayor Inf Edi sempat mengalami obesitas yang kemudian menularkan pengalamannya kepada anggota untuk berolahraga.
     Dengan beranggotakan 15 orang saat ini, Pamping Iron Brawijaya Gym bertujuan untuk menggalang setiap 1 satuan terdapat 1 regu.   Selain prajurit terdapat juga orang umum yang diundang berolahraga dalam rangka menjalin komunikasi dengan masyarakat umum.
     “Di saat pandemi COVID-19, tentu yang paling mujarab untuk membuat kita sehat adalah dengan berolahraga. Bapak KASAD juga telah mencoba alat-alat kita di sini,” kata Mayor Inf Edi.