Sumut Puas Sebagai Tuan Rumah Kejurnas Tinju 2022

Dr.Nimrot Manalu Sarankan Pertina Sumut Segera Lakukan Evaluasi Secara Komprehensif Teknis dan Nonteknis

Jumat, 12 Agustus 2022 | 10:38 WIB

 

Medan,MPOL-Kejuaraan Tinju Amatir Junior-Youth-Elite Tahun 2022 yang berlangsung di Gor Mini Futsal Dispora Sumut 4-11 Agustus 2022 menjadi bukti kesiapan daerah yang didaulat menjadi tuan rumah PON XXI tahun 2024 bersama dengan Aceh.

Kontingen Sumut yang dipimpin Manejer Tim, Sahat H. Nasution,S.Ik, MSi memperoleh predikat Juara Umum dengan perolehan 31 medali. Dengan rincian, kategori Elite (Putra/Putri) memperoleh 7 medali emas, 3 perak, dan 6 perunggu.

Kategori Youth (Putra/Putri) 4 medali emas, 2perak, dan 3 perunggu. Serta kategori Junior 2 medali emas, dan 4 perak.

Ketua Umum Pertina Sumut Sabam Parulian Manalu SE, MAP, PHD menyatakan puas sebagai tuan rumah pelaksanaan Kejurnas Tinju 2022 yang didukung penuhb oleh Gubernur Sumut Edy Rahmayadi.

Sebelumnya, dalam pidato pembukaan Kejurnas, Gubernur berharap banyak kepada Pengurus Pertina Sumut periode ini untuk mengembalikan supremasi Tinju nasional ke Sumatera Utara.

“Tugas Pertina Sumut saat ini adalah mengembalikan kejayaan Tinju Sumatera Utara seperti tahun 70an dan 80an, namun harus tetap memegang prinsip sportifitas”.

Menanggapai harapan Gubernur tersebut, Sabam Manalu menyatakan lumayan berat, namun kita tidak mundur setapak pun.

“Kita jawab tantangan itu dengan terus berbuat dan membina, dan tentunya dengan dukungan seluruh insan tinju Sumatera Utara”, katanya.

Sabam Manalu menyatakan peta prestasi tinju Indonesia sudah merata, tidak lagi didominasi satu daerah tertentu, namun demikian Sumut menargetkan akan meraih medali emas sebanyak banyaknya di PON 2024 nanti.

Disela sela berlangsungnya pertandingan, Jony Ramsi Simangunsong mantan petinju Sumut yang juga orangtua Suzen Ramsi Simangunsong, petinju asal Labuhanbatu menyatakan optimis dengan perkembangan pertinjuan Sumut ke depan. Kinerja positif ini harus didukung semua Pengkab dan Pengkot Pertina seluruh Sumutû.

Sementara itu Dr.Nimrot Manalu, M.Kes, AIFO, pakar olahraga dan dosen Pascasarjana Unimed Medan sangat mengapresiasi prestasi yang ditorehkan tim tinju Sumut.

Nimrot menyarankan setelah usai Kejurnas ini, Pertina Sumut segera melakukan evaluasi secara komprehensif teknis dan nonteknis.

Nimrot Manalu juga menyarankan dibukanya komunikasi dengan berbagai pihak seperti badan usaha atau instansi lain untuk diajak menjadi orangtua angkat, mengingat biaya yang dibutuhkan untuk membiayai pembinaan tinju saat ini termasuk besar dan dana yang disalurkan KONI SUMUT untuk tinju terbatas dan relatif kecil.

“Semua pihak harus terlibat, supaya beban pembinaan dan pembiayaan bisa lebih ringan. Target juara umum di PON XXI akan tercapai,” kata Dr. Nimrot yang juga Ketua Harian Pengkot Pertina Medan itu.**