Bidik Prestasi, IPSI Deliserdang Siapkan Program Jangka Panjang

Senin, 22 Februari 2021 | 19:38 WIB
Medan, MPOL: Ketua Ikatan Pencak Silat Seluruh Indonesia (IPSI) Kabupaten Deli Serdang Perio­de 2020-2024, H. Jasa Wardhani Ginting SE dan jajaran pengurus menggelar rapat perdana dikediamannya Jalan Binjai Km 12 Desa Muliorejo Kecamatan Sunggal Kabupaten Deliserdang, Sabtu (20/2/21) sore.
Rapat tersebut, dihadiri sejumlah perguruan IPSI dan para Ketua – Ketua IPSI Kecamatan, se Kabupaten Deliserdang serta turut juga dihadiri oleh para Ketua Perguruan Pencak Silat se Kecamatan Kabupaten Deliserdang.
Dikesempatan tersebut H. Jasa Wardhani Ginting SE, membahas program-program kerja IPSI Kabupaten Deliserdang kedepannya, baik program jangka pendek mau pun jangka panjang serta bagai mana memajukan IPSI Kabupaten Deliserdang kedepannya.
Adapun program yang dibahas yaitu melakukan pembinaan bagi para atlit silat yang ada di Kabupaten Deliserdang sekaligus mencari bibit baru yang berkualitas yang kelak dapat mengharumkan nama daerah di kancah nasional maupun internasional.
Selain itu, IPSI Kabupaten Deliserdang juga akan berupaya untuk membantu dalam penyediaan sarana dan prasarana bagi para atlit Pencak Silat dalam berlatih.
Ditambahkannya, IPSI Deliserdang juga akan mempersiapkan atlet-atlet terbaiknya ditingkat pelajar untuk tampil di event-event  Provinsi, tingkat Nasional, termasuk Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN).
Dan program selanjutnya, menurut Dani, adalah meningkatkan pembinaan untuk para atlet Pencak Silat yang berprestasi di Deliserdang untuk dipersiapkan mewakili Sumut di Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI yang akan digelar di Sumut-Aceh tahun 2024.
“Jadi untuk ke depannya, kita akan betul-betul mempersiapkan para atlit Pencak Silat binaan IPSI Kabupaten Deliserdang, agar bisa lolos di Pra PON nanti, karena saat ini, target utama kita adalah para atlit Pencak Silat binaan kita, bisa lolos dan bisa mengikuti Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024 tahun mendatang.
Selain itu, kedepannya bila perlu, pada saat ada event-event kejuaraan Dunia, kita akan menurunkan para atlit-atlit Pencak Silat terbaik dan berprestasi binaan IPSI Kabupaten Deliserdang untuk mengikutinya. ” ungkap H. Jasa Wardhani Ginting SE, yang juga merupakan mantan Anggota DPRD Deliserdang dari Fraksi Partai Golkar.
Dani Ginting menambahkan, dalam waktu dekat ini, Kabupaten Deliserdang sendiri, sudah ditunjuk oleh PB IPSI untuk menjadi lokasi menggelar  Festival Seni Pencak Silat Nasional pada April 2021 mendatang. “Namun, walau pun event Festival Seni Pencak Silat Nasional akan digelar pada April 2021 mendatang, masih dalam suasana pandemi Covid 19, kita selaku pengurus sudah mempunyai strategi yaitu pada saat event Festival berlangsung, kita tetap akan mentaati prokes sebagai mana yang telah dianjurkan oleh Pemerintah.
Di Festival Seni Pencak Silat Nasional pada April 2021 mendatang pihaknya akan mempersiaplan  opsi menggelarnya secara Virtual. ” ujar Jasa Wardhani Ginting sembari berharap dan berdoa, agar Pandemi Covid 19 ini, segera berakhir.
Sementara dari Aspek Seni dan Budaya, Festival Seni Pencak Silat Nasional yang akan digelar di Kabupaten Deliserdang memiliki potensi menarik minat wisatawan lokal untuk datang menikmati pariwisata,”ungkapnya.
Selesainya acara Rapat Perdana IPSI Kabupaten Deliserdang, Ketua Harian IPSI Deliserdang H. Jasa Wardhani Ginting SE didampingi para pengurus IPSI Deliserdang membagikan masker dan henseniteser kepada seluruh Ketua IPSI Kecamatan, se Kabupaten Deliserdang dan seluruh Ketua Perguruan Pencak Silat Kecamatan se Kabupaten Deliserdang.