Luwi Lugita Susilo

Berlatih Mandiri Ditengah Pandemi Kunci Hindari Covid-19

Jumat, 23 Oktober 2020 | 12:17 WIB

Medan, MPOL : Di massa pandemi Covid-19 yang semakin meningkat di Sumatera Utara khususnya kota Medan, keberadaan sejumlah sarana latihan bagi atlet yang mengikuti program pembinaan Pemusatan Latihan (Pelatda) jangka panjang PON XX Papua harus disesuaikan dengan Protokol Kesehatan sesuai yang telah dituangkan dalam surat edaran Menteri Kesehatan RI Nomor HK.01.07/MENKES/382/2020 tentang Protokol Kesehatan bagi Masyarakat di Tempat dan Fasilitas Umum Dalam Rangka Pencegahan dan Pengendalian Corona Virus Disease 2019 (COVID-19).

Artinya dalam posisi kami sebagai atlet, pengaturan jadwal latihan antar satu atlet dan atlet lainnya harus mampu disesuaikan agar tidak saling bersamaan. Jika sebelumnya kita bisa berbarengan dalam satu sesi latihan, dimassa pandemi ini, perbedaan jadwal harus kami terapkan sebagai langkah mengantisipasi pergerakan wabah Covid-19 dikalangan olahragawan. “Kami terapkan perbedaan jadwal latihan dan menghindari latihan bersama.”Setiap sesi kami kelang 1 hingga 2 jam dan menjalankan pola 3 M (Mencuci Tangan,  Memakai Masker dan Menjaga Jarak)  menjadi prioritas guna menghindari adanya wabah Covid yang tak terlihat secara kasat mata tersebut,”ucap atlet angkat berat Sumut, Luwi Lugita Susilo pada wartawan, Kamis (22/10/2020).

Dipaparkan lagi, sejak Pandemi Corona April 2020 lalu, segala program latihan bersama rekan-rekan atlet harus mengacu pada Prokes yang ketat. Dimana setiap hadir kita harus benar-sesuai jadwal dan mengikuti aturan yang diberikan pelatih.

Artinya pola kita berlatih harus dilaksanakan didalam ruangan karena alat yang kita gunakan berlatih hanya ada di GOR. “Kita tidak bisa berlatih santai di rumah karena alat-alat beban yang kita gunakan adanya di GOR.”Makanya langkah baik yang kita terapkan guna menjalankan program sesuai yang digariskan pelatih, kami membagi waktu dan menerapkan Protokol Kesehatan selama mengikuti sesi latihan setiap hari,”ucap atlet angkat berat Pelatda PON XX binaan KONI Sumut ini.

Dikesempatan tersebut, Luwi mengajak seluruh atlet-atlet olahraga untuk melakukan sosialisasi tentang pentingnya menjalani hidup sehat dengan menerapkan pola 3 M ditempatnya berlatih. “Mari kita ajak semua rekan-rekan atlet untuk lebih peduli akan bahaya corona dengan menerapkan pola hidup sehat sesuai ketentuan protokol kesehatan yang telah ditentukan pemerintah,”ucap lifter andalan Pabersi Sumut yang akan turun di kelas 74 kg pada PON Papua tahun depan ini.