Atang “Bhadix Warrior” Ependi “Berburu” Impian di Tahun 2021

Sabtu, 3 Oktober 2020 | 20:59 WIB
Jakarta, MPOL :  TAHUN 2021 bagi Serma TNI Atang Ependi merupakan tahun mengejar impian. Ya, impian meraih prestasi pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua dan meraih tiket pada SEA Games Hanoi, Vietnam 2021.
     Makanya, prajurit TNI yang berdinas di Pusbekang Kodiklat Angkatan Darat ini berjibaku untuk mengejar impiannya meraih yang terbaik di kedua multi event penting tersebut.
     “Tahun 2021 itu merupakan tahun penting dalam karir saya di dunia olahraga. Makanya, saya fokus mempersiapkan diri untuk mengejar impian menyumbangkan medali emas bagi Kontingen Jawa Barat di PON Papua 2021 dan merebut tiket ke SEA Games Hanoi 2021,” kata Atang Ependi yang mendapat gelar Bhadix Warrior.
     Ada semacam energi yang mendorong Atang Ependi untuk bisa mewujudkan impian. Apalagi, Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD), Jenderal TNI Andika Perkasa yang kebetulan menyenangi fitness selalu mendorongnya untuk terus berkarir di dunia binaraga.
     “Terus terang, kehadiran pak Andika Perkasa itu memberikan motivasi saya untuk bisa meraih prestasi dalam karir sebagai binaragawan. Sebagai prajurit TNI, saya ingin sekali  menebus perhatian beliau dengan masuk dalam skuad Kontingen Indonesia sekaligus meraih prestasi terbaik pada SEA Games Hanoi 2021 nanti,” tegasnya.
     Ya, Andika Perkasa memang punya program untuk mendekatkan TNI dengan mayarakat melalui olahraga. Kini, Kodam dan berbagai kesatuan sudah dilengkapi peralatan fitness yang cukup memadai untuk menunjang minat prajurit dalam berolahraga.
     “Potensi prajurit TNI cukup besar dalam dunia olahraga. Di Pusbekang Kodiklat Angkatan Darat tempat saya dinas saja sudah muncul bibit-bibit potensial yang aya yakin bisa diandalkan ke depannya. Apalagi, KASAD sudah menyiapkan gym-gym di Kodam dan berbagai kesatuan sebagai penunjang,” ungkapnya.
     Tadinya, pria kelahiran Bandung, 3 April 1985 ini tertarik olahraga binaraga karena hobi pembentukan otot. Dia merasa nyaman dan percaya diri mempunyai badan kekar.
     “Menekuni olahraga binaraga itu memberikan banyak pelajaran. Dari mulai disiplin mengatur jadwal latihan hingga menjaga pola makanan,” kata pengidola bintang binaraga dunia asal Amerika Serikat, Jay Cutler dan Roelly Winklar.
     Pada awalnya, Atang Ependi sempat kesulitan mengatur waktu untuk latihan dengan tugas kedinasan. Seiring berjalan, dia sudah bisa menyesuaikan terutama dalam persiapan menuju event.  “Alhamdulillah, saya sudah bisa mengatur jadwal latihan tanpa mengganggu rutinitas kedinasan,” ujarnya.
     Berkat ketekunan dalam menjalankan program latihan, suami Lina ini yang tampil di kelas 80kg sudah mengoleksi berbagai gelar di ajang kejuaraan. Yakni, juara binaraga TNI/Polri 2013 (kejuaraan Danpaspampres), juara Porda Jabar 2014, juara Pra Porda Jabar 2017 dan juara Porda Jabar 2018.