Warga Manalu Tipang Serahkan Surat Hibah Tanah Tempat Tugu Parsadaan Manalu

Kamis, 2 Juni 2022 | 17:57 WIB

 

Silangit,MPOL; Setelah Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Parsadaan Toga Manalu Boru dohot Bere/Ibebere (PTMBB) Indonesia , Selasa (31/5/2022) menetapkan lokasi pembangunan Tugu Parsadaan Manalu di Tipang, Baktiraja, Humbahas, pada puncak acara Partangiangan Bolon PTMBB Indonesia, warga Manalu yang tinggal di Tipang,Humbang Hasundutan (Humbahas) menyerahkan tanah seluas 200 X 50 meter sebagai lokasi Tugu Parsadaan Toga Manalu.

Penyerahan dalam bentuk hibah itu diserahkan perwakilan warga Tipang pada Pesta Partangiangan Bolon PTMBB Indonesia di Perkampungan HKBP Jetun Silangit,Siborong-borong, Tapanuli Utara (Taput), Kamis (2/6/2022)

Surat penghibah-an tanah lokasi pembangunan tersebut pun diterima Ketua Umum PTMBB Indonesia, Sabam Parulian Manalu,SE,M.AP,PHD.

Dalam kesempatan itu, Ketua Umum PTMBB Indonesia Sabam Manalu berterimakasih atas kesatuhatian warga Manalu Tipang untuk menghibahkan tanah tersebut untuk warga Manalu seluruh Indonesia, karena Tugu Parsadaan Toga Manalu tersebut adalah “ripe-ripe” (milik-red) warga Manalu, Boru,Bere,Ibebere seluruh Indonesia, bahkan dunia.

Surat tersebut diterima Sabam Parulian Manalu didampingi Panitia Pembangunan Tugu, Pengurus PTMBB Indonesia, para Ketua Wilayah PTMBB seluruh Indonesia serta perwakilan turpuk marga Manalu.

Dalam kesempatan itu dilakukan pengumpulan batu dari setiap perwakilan keturunan Manalu sebagai “prasasti” yang nantinya batu tersebut akan dibuat sebagai bahan bangunan pada peletakan batu pertama yang direncanakan pada akhir tahun ini.

Turut menyaksikan penyerahan surat penghiba-an tanah untuk lokasi Tugu Parsadaan Manalu tersebut, para penatua Manalu se Kabupaten Taput,Tapteng dan Humbahas.

Sebelumnya, Rakernas pertama setelah Mubes PTMBB Indonesia 2019 ini mengagendakan penetapan lokasi pembangunan tugu, gambar desain tugu, serta rencana anggaran biaya pembangunan tugu berkisar Rp 4,2 Miliar.**