Ratusan Imigran Rohingya Kembali Terdampar di Aceh 

Minggu, 8 Januari 2023 | 23:23 WIB
Banda Aceh. MPOL – Ratusan imigran asal Myanmar etnis Rohingya kembali terdampar di Aceh Besar, tepatnya pesisir pantai Gampong Baro, Kecamatan Masjid Raya, Minggu (8/1).
Informasi yang dihimpun, imigran Rohingya tersebut mendarat sekira 14,16 kilometer di pesisir pantai, bahkan berdasarkan pantauan di lokasi warga Negara Myanmar itu menggunakan satu kapal berbendera hitam.
Salah seorang warga, Wahab mengatakan, kedatangan imigran Rohingya tersebut diketahui oleh warga setempat yang sedang memancing di area pantai. “Sesudah dilihat kedatangan mereka (Rohingya), lalu diberitahukan ke Polisi,” kata Wahab.
Sementara itu, Kabid Humas Polda Aceh Joko Krisdiyanto kepada Wartawan mengatakan jumlah imigran Rohingnya yang terdampar di Aceh Besar sebanyak 184 orang. Jumlah tersebut berdasarkan hasil penghitungan bersama yang disaksikan pihak UNHCR, IOM, TNI, dan instansi terkait lainnya.
Joko juga merinci, jumlah tersebut terdiri dari laki-laki dewasa 69 orang, perempuan dewasa 75 orang, dan anak-anak 40 orang.
Saat ini, kata Joko, petugas masih melakukan proses evakuasi para imigran Rohingya ke pengungsian UPTD Dinas Sosial di Ladong. Nantinya akan dilanjutkan penanganan oleh BPBD, Imigrasi, dan Dinsos, serta instansi terkait lainnya. “Para imigran Rohingya masih dalam proses evakuasi ke UPTD Dinsos di Ladong,” pungkas Joko. (Dro/Rel).