Babinsa Kodim 0321/Rohil Serma Alfan Arbudi Taushiah Lagi

Penting Bagi Umat Islam Selalu Mengingat Kematian

Rabu, 26 Januari 2022 | 22:20 WIB

Rohil, MPOL-Bintara Pembina Desa Koramil 03 Bagan Sinembah Kodim 0321/Rohil, Serma TNI H Alfan Arbudi menyampaikan, ada tiga panggilan penting yang harus kita penuhi sebagai hamba Allah SWT yang baik, yaitu panggilan azan (sholat), panggilan berhaji/umroh dan terakhir panggilan kematian.

Namun, diantara ketiga panggilan tersebut, yang paling istimewa menurut Babinsa Kodim 0321/Rohil Korem 031/Wrb Kodam I BB ini adalah panggilan kematian. Istimewa karena kita sendiri sebagai manusia tidak akan pernah tahu, kapan waktu dan dalam keadaan apa.

Panggilan kematian merupakan sesuatu panggilan yang tanpa kita ketahui datangnya namun panggilan ini menjadi istimewa karena inilah panggilan yang mengakhiri semua perjalanan hidup kita. Maka dari itu, bersiaplah untuk memenuhi panggilan istimewa ini semoga kita kelak berada dalam keadaan Husnul khatimah,” ujarnya Serma H Alfan Arbudi S PdI, MM saat memberikan tausiyah di Desa Binaan Kel Makmur Selatan Basira Bagan Batu – Rokan Hulu Hilir, Selasa malam (25/1).

Sebagaimana Allah SWT berfirman dalam surah Almunafiqun ayat 11 “Allah SWT tidak akan menangguh kematian seseorang apabila sudah datang waktunya dan Allah SWT mengetahui apa yang kamu kerjakan,”

Sebab itu, Ustadz Alfan selalu mengingatkan pentingnya menyadari kematian adalah sesuatu yang paling dekat dengan hamba Allah. Karena itu, jangan buat waktu itu percuma untuk melakukan hal hal yang kurang bermanfaat, perbanyak ibadah demi meningkatkan ketaqwaan kita pada Allah,” ujar Serma Alfan lagi.

Karena itu, jika kita sudah menyadari sepenuhnya akan hal ikhwal kematian, tentu kita tidak akan melewatkan atau mengabaikan panggilan berikutnya, yakni sholat. Nah, apabila berkumandang azan, datanglah, jawablah panggilan itu dengan bersama-sama umay Islam lainnya melaksanakan sholat berjemaah 5 waktu sehari semalam.

Panggilan lainnya yuang tak kalah penting adalah panggilan mengerjakan ibadah haji bagi yang mampu.
Panggilan Tuk Berhaji dan Umrah wajib bagi kaum muslimin muslimat yang punya kemampuan, yakni mampu secara ekonominya, kesehatan, ilmunya sehingga mereka bisa meraih pahala Ibadah Haji yang Mabrur.

Allah SWT maha adil walaupun kita tidak punya kemampuan untuk berhaji dan umroh, namun kita akan bisa meraih pahala seperti seseorang yang mengerjakan Haji Mabrur caranya dengan mengerjakan shalat berjamaah dimana pun berada dan melaksanakan ibadah-ibadah sunnah, yang kita lakukan secara konsisten dan istiqamah. (bp)