Pengurus PTMBB Pematangsiantar Dilantik, Sabam Harapkan Kebersamaan Dalam Pembangunan Tugu Parsadaan Manalu di Tipang

Senin, 13 Juni 2022 | 11:42 WIB

 

P.Siantar,MPOL: Ketua Umum Parsadaan Toga Manalu Boru dohot Bere/Ibebere (PTMBB) Indonesia, Sabam Parulian Manalu,SE.,MAP,PHD melantik dan mengukuhkan Badan Pengurus Harian PTMBB Wilayah Kota Pematangsiantar periode 2022-2026, Minggu (12/6/2022) di Sopo Anugrah Tomuan, Jl. Patimura Pematangsiantar.

Kegiatan pelantikan juga dirangkai dengan Perayaan Ulang Tahun ke-39 PTMBB Pematansiantar.

Usai melantik pengurus PTMBB Pematangsiantar, Sabam mengajak seluruh keluarga besar Manalu berikut Bere dan Ibebere untuk tetap menjalin persaudaraan.

Juga disampaikan bahwa seseorang menjadi marga Manalu bukanlah pilihan, namun Tuhan yang menetapkannya sejak lahir.

“Kita adalah saudara dan keluarga besar yang sesuai kehendak Tuhan. Kumpulan yang dibuat di sektor-sektor harus memperkuat kumpulan kita, bahkan punguan marompu-ompu tidak ada salahnya, namun kita jangan lupa bahwa kita adalah Manalu. Sebuah pohon yang memiliki ranting banyak, tentu sangat bagus, namun jika ranting lepas dari pohonnya maka akan layu,” ujarnya mengisyaratkan dalam acara yang dihadiri Pengurus PTMBB Indonesia Wakil Sekretaris Jenderal Adol Frian Manalu,STP,MMA, Humas Drs. Maju Manalu, Mixnon Andreas Simamora Manalu , Staf Khusus Menkum HAM Bane Raja Manalu dan yang lainnya.

Dalam kesempatan itu ,Sabam Manalu berharap keberadaan BPH yang baru, mampu merangkul seluruh kelurga besar Manalu di Kota Pematangsiantar.

“Kita punya agenda besar, sesuai hasil Mubes tahun 2019, kita akan mendirikan Tugu Parsadaan Manalu di Tipang, dan telah disepakati gambar dan anggarannya di Rakernas yang dilaksanakan di Siborong-borong, 31 Mei-1 Juni kemarin. Tugu yang kita rencanakan adalah tugu dimana kita bisa masuk ke dalam, untuk melakukan acara, bahkan kita bisa naik hingga ketinggian 26 meter untuk memandang Danau Toba dan sekitarnya,” kata Sabam yang juga didampingi istrinya br Sitompul yang hadir dalam acara tersebut.

Ditambahkan, demi kesuksesan pembangunan Tugu tersebut, dukungan semua pomparan Manalu sangat dibutuhkan. Khususnya untuk pendanaan pembangunan monumen bersejarah tersebut.

“Dananya tidak besar, jika dibandingkan dengan populasi kita yang telah menyebar diseluruh penjuru. Kami perkirakan dengan hanya Rp. 1.000 per hari atau Rp. 30.000 per bulan, maka target pembangunan selama 2 tahun, akan rampung,” ujarnya.

Sebelumnya, Bane Raja Manalu selaku tokoh muda Manalu mengajak seluruh keluarga Manalu saling mendukung.

Dukungan bagi keluarga Manalu harus dimulai dari keluarga Manalu sendiri, maka kekuatan baru akan tercipta.

“Jangan kita biasakan mengkultuskan hanya kepada satu orang, kalau hanya satu orang yang mengerjakan mimpi-mimpi besar kita, maka capaian juga tidak akan mudah. Namun dengan kebersamaan, maka kita akan bersama-sama meraih keberhasilan,” ujarnya.

Sementara Ketua Panitia Ulang Tahun dan Pelantikan BPH PTMBB Pematangsiantar, G.M Manalu, S.Pd mengucapkan terima kasih kepada pengurus PTMBB Indonesia yang telah bersedia menghadiri dan melakukan pelantikan kepengurusan yang baru.

Adapun BPH PTMBB Kota Pematangsiantar yang dikukuhkan adalah Penasehat F. Manalu, M. Manalu dan B.Manalu.

Ketua E.V. Manalu/br. Sianturi, Wakil Ketua L. Manalu/br. Pasaribu, Sekretaris G.M Manalu/br. Siadari, Wakil Sekretaris R. Manalu/br. Siregar, Bendahara J.P. Br. Sianturi/H. Manalu dan 12 Komisaris Sektor.
**