Panitia Pembangunan Tugu PTMBB Ajak Keluarga Besar Manalu Saling Bahu Membahu

Senin, 28 November 2022 | 13:42 WIB

 

Taput,MPOL; Rencana pembangunan Tugu Parsadaan Toga Manalu Boru Bere/Ibebere (PTMBB) di Tipang, Humbang Hasundutan telah direncanakan dan diputuskan pada Musyawarah Besar PTMBB Tahun 2019 di Hotel Kanaya Medan.

Keputusan tersebut juga disepakati pada Rapat Kerja Nasional (Rekernas) PTMBB se Indonesia yang digelar 31 Mei-1 Juni 2022 di Bumi Perkemahan HKBP Jetun Silangit, Tapanuli Utara (Taput).

Dalam Rakernas yang dihadiri ribuan warga PTMBB dan BPH PTMBB Indonesia, telah disepakati gambar dan rencana anggaran biaya pembangunan tugu yang diperkirakan membutuhkan biaya lebih dari Rp. 4 miliar.

Dan sejak Oktober 2022, proses pembukaan akses jalan ke lokasi pembangunan tugu di perbukitan tepian Danau Toba tersebut telah dimulai.

Mengingat kebutuhan dana untuk pembangunan tugu tersebut, Panitia Pembangunan Tugu PTMBB mengajak seluruh anggota Keluarga Besar PTMBB dimana pun berada untuk sama-sama menopang dengan memberikan sumbangsih dana.

Seperti disampaikan Sekretaris Panitia Pembangunan Tugu PTMBB, Adol Frian Manalu Rumaijuk, STP,MMA saat pelaksanaan sosialisasi di Taput yang dipusatkan di Desa Aek Raja, Kecamatan Parmonangan, Jumat (25/11/2022).

“Anggaran yang kita butuhkan secara keseluruhan lebih dari Rp. 4 miliar, dan sesuai target dan rencana proses pembangunan tugu akan diselesaikan dalam jangka waktu dua tahun. 2024 kita rencanakan sudah meresmikan tugu parasadaan itu,” ujar Adol dalam acara yang difasilitasi PTMBB Taput yaitu Ketua Tongam Manalu, SH,MH, Sekretaris Rijon Manalu,SPd, Bendahara Kesmiran Manalu, dan pengurus lainnya.

Adol yang hadir mewakili Ketua Panitia Romein Manalu, ST.,MAP didampingi Koordinator Bidang Logistik Willy Manalu menyebutkan, besar donasi atau partisipasi tidak dipaksakan untuk setiap marga Manalu, boru Manalu, bere Manalu dan seluruh yang mau menyumbang.

“Sedikit demi sedikit, kita yakini akan menjadi besar dan bisa menyelesaikan pembangunan tugu kita,” ujarnya.

Sekretaris Panitia Pembangunan Tugu PTMBB Adol Frian Manalu (berdiri) didampingi Kordinator Logistik Willy Manalu (Alex) dan Ketua PTMBB Taput Tongam Manalu saat menjelaskan situasi terkini pembangunan Tugu PTMBB di Tipang, Humbahas.(ist)

 

Sekretaris PTMBB Kota Medan itu menjelaskan, bahwa keterlibatan seluruh keturunan marga Manalu dalam membangun tugu parsadaan adalah keharusan. Sebab, tugu yang akan didirikan adalah milik kepunyaan seluruh keluarga Manalu.

“Keluarga Manalu yang ada di Tipang, sebagai anggota keluarga yang tinggal di Bona Pasogit telah menyatakan dan menyerahkan sebidang lahan. Mari kita sambut dengan kepedulian kita. Masing-masing kita wajib ambil bagian dalam pembangunan tugu ini,” ujarnya.

Dijelaskan, bahwa tugu yang akan didirikan akan berbeda dengan tugu kebanyakan marga-marga di suku Batak. Secara historis, tugu didesain menceritakan kehidupan Oppu Raja Toga Manalu sejak awal yang memiliki dua anak (Mangara Robean dan Mangara Dolok), serta memiliki enam cucu yaitu Sorimunggu, Rumagorga, Sigukguhi, Rumaijuk, Rumahole dan Rumabutar.

Pemilihan lokasi di Tipang sebagai bukti Manalu adalah anak dari Toga Simamora.
Simbol-simbol dalam tugu juga nantinya akan menggambarkan nilai habatahon dan menjadi bangunan yang bisa dimanfaatkan untuk usaha dan berbagai kegiatan untuk kehidupan marga Manalu dan keturunannya ke depan.

“Manalu juga ingin menunjukkan kepada dunia, untuk turut berpartisipasi membangun dunia pariwisata di Kawasan Danau Toba dengan merawat dan melestarikan kearifan lokal Kawasan Danau Toba,” ujarnya.

Untuk itu, Adol mengajak seluruh warga Manalu di Taput dan dimanapun berada untuk mendukung panitia dengan mengirimkan donasi ke Rekening Bank BRI Nomor 108501001027565 atas nama Panitia Pembangunan Tugu PTMBB.

Sementara, Jimran Manalu selaku Kordinator Pelaksana Panitia Pembangunan Tugu mengatakan, saat ini pekerjaan pembukaan jalan ke lokasi pembangunan tugu hampir rampung dan selanjutnya akan dilakukan pembersihan hamparan lahan untuk pembangunan tugu.

Sedangkan Ketua PTMBB Taput Togam Manalu, SH,MH mempertegas bahwa masyarakat Manalu di Taput akan turut mendukung pembangunan tugu.

Hal itu juga disampaikan oleh para peserta sosialisasi yang mewakili lungguk Manalu yang ada di Taput.

“Kita bisa memberikan dukungan sesuai dengan kemampuan masing-masing. Pastinya, kita semua akan mampu memberikan yang terbaik untuk keluarga besar kita Manalu,” ujarnya.**