KORAMIL 0201-14/PB Laksanakan Operasi Yustisi dan Razia Masker

Rabu, 30 September 2020 | 18:28 WIB

Medan, MPOL: Penambahan data orang yang terkonfirmasi positif Covid 19 di wilayah Kec Pancur Batu yang terus terjadi setiap hari nya membuat Aparat Kewilayahan dalam hal ini Babinsa harus terus menerus melakukan upaya untuk pencegahan nya.

     Hal ini terjadi dikarenakan masih kurang nya kesadaran masyarakat untuk selalu melaksanakan Protokol Kesehatan ketika melakukan aktifitas di luar rumah. Maka dari itu tidak henti henti nya Babinsa Koramil 0201-14/PB  melaksanakan Operasi Yustisi dan Razia Masker terhadap masyarakat pengguna jalan yang ada di wilayah Kec Pancur Batu.
     Seperti yang tampak sedang berlangsung pada hari ini (30-09-2020), Operasi Yustisi Penegakan Disiplin Protokol Kesehatan dan Razia Masker ini di laksanakan oleh Babinsa Koramil 0201-14/PB bersama Personil Polsekta Pancur Batu dan Staf Trantib Kec Pancur Batu, di Jalan Jamin Ginting tepat nya di depan Kantot Camat Pancur Batu.
     Pelaksanaan Operasi Yustisi dan Razia Masker ini bertujuan untuk menjaring masyarakat pengguna jalan yang melintas di Jalan Jamin Ginting Pancur Batu, baik yang menggunakan kendaraan umum atau pun kendaraan pribadi.
     Pelaksanaan Operasi Yustisi dan Razia Masker ini merupakan Perintah langsung dari Danramil 0201-14/PB Kapten Inf Sabur Utomo. Dalam pengarahan nya kepada Babinsa yang akan melaksanakan kegiatan, Danramil 0201-14/PB Kapten Inf Sabur Utomo selalu menekankan tentang penting nya pemakaian masker saat beraktifitas di luar rumah bagi semua orang, kemudian menjaga jarak perorangan minimal 1,5 meter dan rajin mencuci tangan dengan sabun untuk memutus dan mencegah penyebaran virus Covid 19.
     “Terutama kepada kita yang melaksanakan tugas di lapangan, harus selalu mematuhi Protokol Kesehatan dan menjaga keselamatan diri kita masing masing. Agar kita semua dan juga keluarga kita terhindar dari penularan virus Covid 19 ini. Karena seperti kita ketahui bersama bahwa angka penularan virus Covid 19 tiap hari makin meningkat dan terus bertambah.
     Untuk itu kita sebagai Aparat Kewilayahan harus terus menerus memberi edukasi dan pembelajaran kepada masyarakat tentang dampak bahaya dari virus Covid 19 ini, serta upaya upaya yang dapat kita lakukan untuk mencegah penyebaran nya” ujar Danramil 0201-14/PB Kapten Inf Sabur Utomo.
     Hal ini juga senada dengan Penekanan dan Pengarahan yang pernah di sampaikan oleh Komandan Kodim 0201/BS Letkol Inf Agus Setiandar, SIP bahwa yang paling utama adalah setiap anggota harus selalu memperhatikan faktor keamanan dan keselamatan diri masing masing sebelum, selama dan sesudah melaksanakan kegiatan apa pun di wilayah, agar seluruh anggota dan juga keluarga nya dapat hidup sehat dan terhindar dari wabah virus Covid 19 ini.
     Dalam pelaksanaan Operasi Yustisi Penegakan Disiplin Protokol Kesehatan dan Razia Masker ini, masih banyak di dapati masyarakat yang mengendarai kendaraan tidak menggunakan masker ketika melintas di jalan, baik yang menggunakan kendaraan pribadi atau pun kendaraan umum, dan juga pengemudi atau pun penumpangnya. Sehingga Personil  Koramil 0201-14/PB bersama Tim lain nya langsung memberhentikan pengendara tersebut.
     Selanjutnya Tim langsung memberikan peringatan dan hukuman disiplin berupa Push Up di tempat, menyapu jalan, mencabut rumput, membersihkan parit di depan Kantor Camat Pancur Batu.
     Setelah itu bagi pelanggar ketentuan tadi kemudian di Data Identitas nya, dan langsung di berikan masker untuk di pakai saat itu juga. “Setiap hari nya masih saja kita jumpai banyak masyarakat yang tidak patuh terhadap Protokol Kesehatan.
     Untuk itu kita sebagai Aparat Kewilayahan akan terus aktif menghimbau dan memberi teguran agar masyarakat patuh terhadap Protokol Kesehatan ini” ujar Babinsa Koramil 0201-14/PB Serda Abd Halim di sela sela kegiatan Operasi Yustisi dan Razia Masker.
     Di akhir kegiatan Serda Abd Halim menambahkan, “Kita sama sama berdo’a, semoga dengan upaya kita yang terus menerus ini, kita dapat menumbuhkan kesadaran pada masyarakat kita untuk selalu mematuhi Protokol Kesehatan tiap kali melakukan aktifitas di luar rumah, yakni dengan melakukan 3 M yaitu Memakai Masker, Menjaga Jarak, dan Mencuci Tangan, serta rutin berolah raga dan mengkonsumsi vitamin yang cukup, agar kita semua bisa terhindar dari wabah virus Covid 19 ini.” tegas Babinsa Koramil 0201-14/PB ini.
     Kegiatan Operasi Yustisi Penegakan Disiplin Protokol Kesehatan dan Razia Masker ini berjalan dengan aman, tertib dan lancar.