Kalemdiklat Polri Beri Pembekalan Capa SIP Angkatan 49, “Jadikan Tantangan Itu Menjadi Peluang”

Kamis, 24 September 2020 | 19:55 WIB

Sukabumi, MPOL: Kalemdiklat Polri, Komjen Pol Drs. Arief Sulistyanto, M.Si memberikan pembekalan kepada siswa calon perwira (Capa) Sekolah Inspektur Polisi (SIP) angkatan 49/2020, di Sukabumi, Jawa Barat, Kamis (24/9/2030)

Ceramah kali ini dilaksanakan secara virtual dengan menggunakan aplikasi zoom meeting.

Pengarahan dihadiri pejabat utama Lemdiklat Polri, Kasetukpa Lemdiklat Polri Brigjen Pol Mardiaz Kusin Dwihananto, SIK Mhum, dan para pejabat utama Setukpa Lemdiklat Polri serta seluruh peserta didik SIP angkatan 49 di tempat pendidikan jarak jauh masing -masing.

Kalemdiklat Polri menyampaikan pendidikan dimasa pandemi Covid 19 jauh lebih berat, hal ini menjadikan tantangan mentalitas bagi SIP Ke-49 yang akan menjadi modal dimasa mendatang,

Pendidikan tahun ini katanya, menjadi moment dari suatu proses management leadership yang tidak bisa dianggap enteng dan pembelajaran nyata bagi  para calon perwira sekalian, sungguh proses pendidikan yang penuh dinamika.

“Jangan membandingkan dengan senior kalian dulu, ini adalah kenangan kalian, yang terpenting adalah pengendalian diri, jadikan tantangan itu menjadi peluang,” tandas  Komjen Pol Arief.

Kalemdiklat Polri, Komjen Pol Drs. Arief Sulistyanto, M.Si menerima cendra mata dari peserta didik.(Ist)

Disamping itu Komjen Pol Arief Sulistyanto mengungkapkan bahwa mencapai level Perwira adalah suatu kebanggaan, tapi dibalik itu semua merupakan tanggung jawab yang berat. “Pemimpin adalah tauladan bagi anggota  lainnya,” ungkapnya.

Kalemdiklat Polri berharap, Serdik SIP 49 bisa menjadi Perwira yang sebenarnya, pemimpin bagi diri sendiri, pemimpin bagi keluarga dan anggotanya nanti.

Masih kata Arief, Pemimpin itu solutif, tidak membebani, mengayomi dan mewujudkannya dengan tindakan nyata bukan dengan kata- kata.

“Berani berbuat benar dan berani mengambil keputusan, mengajak ke jalan yang benar, menyatukan bukan mencerai beraikan, dan bukan mengadu domba,” sambungnya.

Para siswa adalah calon Perwira, jadilah inspektur dua, satu, dan AKP yang beneran, semua harus berproses, komitmen dari diri sendiri,”Saya harus menjadi pemimpin yg baik,” tegas Arief.

Kalemdiklat Polri menyampaikan tantangan yang akan dihadapi sangatlah berat, baik tantangan dari diri sendiri, tantangan dari luar seperti lingkungan keluarga dan lingkungan masyarakat, dimana kita harus bisa mengambil sikap.

Dijelaskan Arief, dalam pendidikan pembentukan Perwira, SIP merupakan jumlah ke 2 terbesar setelah Pendidikan Alih Golongan. Sehingga lulusan SIP nantinya akan mendominasi tugas first line supervisor di seluruh Indonesia.

Penekanan Kalemdiklat Polri Sebelum Siswa SIP 49 melaksanakan pelantikan lakukan protokol kesehatan dan laksanakan swab test, sehingga dengan kedatangan para siswa sekalian kembali ke Setukpa atau ke SPN tidak mengganggu proses yang sedang berlangsung seperti PAG di Setukpa dan di SPN.

Diakhir arahannya Kalemdiklat Polri menyampaikan pesan bijak “Kejarlah akhiratmu maka dunia akan mengikutimu, Jabatan adalah amanah, tugas dalam jabatan adalah ibadah, kita disumpah, untuk melakukan tugas dengan ikhlas, berjalan dijalan yang lurus dan benar,” pesan Komjen Pol  Drs. Arief Sulistyanto, M.Si. (*)