Jelang Nataru, Polda Jatim Gelar Anev Sitkamtibmas 2021

Kamis, 11 November 2021 | 16:48 WIB

 

Surabaya,MPOL:  Kapolda Jawa Timur, Irjen Pol Nico Afinta membuka kegiatan Analisa dan Evaluasi (Anev) Situasi Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Sitkamtibmas) Tahun 2021, serta persiapan jelang perayaan Natal dan Tahun Baru (Nataru) Tahun 2022.

Kegiatan yang berlangsung di Gedung Mahameru Polda Jatim, Kamis (11/11/2021), masing-masing Satuan Kerja (Satker) diberi kesempatan untuk menyampaikan hasil analisa selama tahun 2021, guna mengantisipasi terjadinya gangguan Kamtibmas dan antisipasi bencana alam yang terjadi di Jatim.

Irjen Nico Afinta mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi para Pejabat Utama (PJU), Kasatwil dan Kasatfung yang telah bekerja dengan baik, sehingga situasi Kamtibmas di Jatim kondusif dan penyebaran Covid-19 dapat dikontrol.

“Terima kasih kepada seluruh PJU dan Kasatwil yang telah bekerja dengan baik, di dalam mengelola Kamtibmas dalam penanganan covid, maupun isu yang berkembang di wilayah masing-masing,” kata Kapolda Jatim, saat membuka Anev dan Sitkamtibmas 2021.

“Menjelang perayaan Natal tahun 2021 dan tahun baru 2022 diperlukan komunikasi, koordinasi dan kolaborasi antara para Kasatwil dan para Kasatfung jajaran, sehingga dapat mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan,” ujarnya.

“Rekan-rekan mempunyai tugas wewenang dan tanggung jawab untuk mewujudkan itu. Karena itu rekan-rekan diberi wewenang untuk menggerakkan fungsi-fungsi. Ada fungsi, ada satker dan dilakukan perencanaan dengan baik,” harapnya.

Kapolda Jatim juga berpesan untuk melakukan perencanaan dengan baik, seperti yang sering disampaikan disaat memberikan pemaparan dan arahan kepada jajaran.

“Perencanaan sangat baik hasilnya baik, perencanaan baik hasilnya cukup baik. Saya sampai sekarang melihat apa yang sudah kita lakukan, komunikasi yang baik itu terbukti bahwa hari demi hari, Minggu demi Minggu, Bulan demi Bulan, bisa kita lalui bersama. Kesulitan-kesulitan yang dialami oleh Polres akan dan harus di-backup oleh Polda. Kami sinergitas dan komunikasi antara satuan atas dengan bawah, tentunya Kapolres dengan Kapolsek, seiring sejalan sehingga Kamtibmas bisa terjaga,” ungkap Irjen Nico Afinta.

Selain itu, Kapolda menyampaikan, setelah melaksanakan tugas kewenangan dan tanggung jawab dengan baik. Inovasi merupakan salah satu penilaian bila kita bekerja.

“Saya mengamati satu per satu apa yang sudah dilakukan oleh para Kasatker di Polda, apa yang dilakukan oleh para Kasatwil di wilayah, itu inovasi-inovasi yang dilakukan membawa perubahan yang baik. Saya minta terus berkomunikasi dengan semua orang untuk memajukan satuannya, sehingga apa yang diharapkan oleh masyarakat bisa tercapai,” kata Irjen Nico Afinta.

“Diakhir tahun, kita tentunya akan membuat laporan. Jadi di minta para Kasatwil betul-betul membuat laporan kegiatan di dalam pencapaian program Presisi, misalkan kegiatan penegakan hukum betul-betul di Anev sehingga bisa tercapai,” pungkas Kapolda Jatim.***