HIPMI Peduli: Perbaikan Rumah Korban Harus Segera Dilakukan

Rabu, 30 November 2022 | 15:46 WIB

Cianjur MPOL, HIPMI Peduli BPP HIPMI mengusulkan sekaligus mendorong pemerintah untuk segera memperbaiki rumah warga yang kondisinya rusak ringan, sedang maupun berat akibat gempa Magnitudo 5,6 skala richter yang mengguncang Kabupaten Cianjur beberapa waktu lalu.

Karena, sampai saat ini cuaca di Kabupaten Cianjur selalu diguyur hujan dan kami juga pantau untuk bantuan makanan sudah sangat mencukupi,

“Kami melihat untuk bantuan bahan makanan cukup untuk 2 sd 3 bulan kedepan. Karena banyak donatur dari pemerintah organisasi dan perorangan yang memberikan bantuan Sembako langsung ke tenda pengungsi. Sehingga kami lihat untuk bantuan makanan, sudah banyak,” kata Ketua HIPMI Peduli BPP HIPMI Datuk H Said Aldi Al Idrus didampingi Sekretaris Andanu Ibrahim, dr Nanang Mubarok, H Abdul Kadir, Nanang Jaidin usai memberikan bantuan logistik makanan berupa Sembako dan Tali Asih (Uang Tunai) kepada masyarakat yang menjadi korban gempa magnitudo Kabupaten Cianjur, Selasa (29/11/2022).

Said Aldi juga mengimbau kepada masyarakat yang ingin menyalurkan bantuan,silahkan memberikan yang terbaik,jangan mengirim pakaian bekas yang tak layak dipakai kepada warga terdampak gempa. Sebab, pakaian itu akan menjadi sampah dilokasi pengungsian karena tak bisa dipakai.

“Saat ini yang dibutuhkan warga adalah perbaikan rumah mereka, agar mereka yang terkena gempa segera melakukan aktifitas kembali. Kalau stok bantuan makanan sdh cukup,mereka sangat berharap rumahnya segera di perbaiki, Apalagi saat ini cuaca di Cianjur terus diguyur hujan. Sehingga membuat kondisi warga yang tinggal di tenda pengungsian semakin memprihatinkan,” ujarnya.

Said Aldi juga menerangkan bahwa bantuan Sembako dan tali asih ini dilakukan kepada Pelaku UMKM yang terdampak ,untuk meringankan beban para pelaku UKM,sebagai bentuk kepedulian HIPMI Peduli BPP HIPMI kepada korban Gempa Cianjur.

Tak hanya itu, lanjut Said Aldi, pihaknya juga mengajak para donatur dan NGO diseluruh Indonesia menyalurkan donasinya untuk pembangunan rumah warga dan tempat usaha para UKM yang hancur dan korban gempa Cianjur yang semua kondisinya rusak ringan dan sedang serta kondisi rubuh.

“Beberapa waktu lalu, Presiden Ir H Joko Widodo telah turun ke lokasi gempa dan bertemu langsung dengan para pengungsi di tenda darurat. Disana, Pak Jokowi telah mengarahkan seluruh jajaran dan pemerintah daerah untuk segera memperbaiki dan membangun kembali rumah warga. Maka dari itu, HIPMI Peduli BPP HIPMI mendorong agar instansi pemerintah yang telah diarahkan presiden untuk segera membantu membangun rumah dan tempat usaha warga yang terkena gempa,” tandasnya.

Lebih lanjut Said Aldi menjelaskan, selain memberikan bantuan paket Sembako dan uang tunai, HIPMI Peduli BPP HIPMI juga telah menurunkan tim untuk membantu meringankan kerja pemerintah dalam membenahi bangunan yang rusak ringan akibat gempa.

“Semoga paket Sembako dan uang tunai yang diberikan berguna bagi masyarakat dan bisa meringankan beban saudara-saudara kita yang menjadi korban gempa di Cianjur ini,” ucap Said Aldi.

“Kepada kader HIPMI dimana saja berada, mari bersama-sama kita bantu warga Cianjur yang terkena musibah gempa. Jadilah pengusaha pejuang dan pejuang pengusaha yang peduli dengan aksi sosial dan kemanusiaan,” imbuhnya.bp