H. Abdul Wahab Dalimunthe: Keutuhan NKRI Harus Tetap Terjaga

Minggu, 27 September 2020 | 22:25 WIB

Medan, MPOL: Anggota MPR RI H.Abdul Wahab Dalimunthe SH, mengajak seluruh elemen masyarakat agar selalu merawat dan menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang sudah terbina dengan baik selama ini.

Ajakan tersebut disampaikan Anggota MPR RI H.Abdul Wahab Dalimunthe,SH dalam acara Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan yang berlangsung tertib dan lancar Rabu (23/09/2020) di Aula SMK Swasta Gelora Pancasila Jalan Pendidikan No.1 Desa Pegajahan Kecamatan Pegajahan Kabupaten Serdang Bedagai, (Sergai).

Turut hadir di acara sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan yang di pandu Arif Kamari itu diantaranya, Ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten Serdang Bedagai, Labuhan Hasibuan, Anggota DPRD  Sergai, Susilawati, Ketua PAC Partai Demokrat Kecamatan Pegajahan, Nyoman Budi Agung, kader partai, tokoh agama dan masyarakat setempat.

Kegiatan sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan berlangsung dengan mengedepankan penerapan protokol kesehatan (prokes) ketat, dimana setiap peserta sebelum memasuki ruangan acara diharuskan memakai masker, mencuci tangan dengan sabun yang sudah disediakan panitia serta tetap menjaga jarak. Hal ini dimaksudkan untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona (covid-19).

H. Abdul Wahab Dalimunthe menjelaskan bahwa, Keutuhan NKRI sangatlah penting. Keutuhan wilayah NKRI sangat menentukan perjalanan roda pemerintahan dan pembangunan bangsa Indonesia.

“Perjuangan para pahlawan bangsa melepaskan diri dari penjajahan bangsa lain serta berbagai ronggongan terhadap keutuhan NKRI, serta berhasil menyatukan kedaulatan bangsa dan Negara Republik Indonesia menjadi amanah bagi generasi bangsa berikutnya untuk mempertahankannya,” sebut mantan Wagubsu itu.

Generasi muda sebagai penerus cita-cita bangsa kedepan harus memahami bahwa keutuhan wilayah NKRI senantiasa harus terjaga secara utuh, sebab wilayah NKRI aman maka rakyat bisa dengan tenang dan nyaman melaksanakan aktifitas keseharian. Sebaliknya, akan terjadi kekacauan dan mengganggu sendi kehidupan berbangsa, sebutnya.

Disisi lain Abdul Wahab juga menjelaskan, Empat Pilar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara yang terdiri dari Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika
sebagai kumpulan nilai-nilai luhur yang harus dipahami seluruh masyarakat.  Hal ini menjadi panduan dalam kehidupan ketatanegaraan untuk mewujudkan bangsa dan negara yang adil, makmur, sejahtera dan bermartabat.

Selain itu mantan Ketua DPRD Sumut ini juga selalu mengingatkan kepada seluruh masyarakat agar senantiasa menjaga kebersihan dan kesehatan serta mengikuti protokol kesehatan disaat pandemic virus Corona (Covid-19), agar wabah yang melanda seluruh dunia ini cepat berakhir. Sehingga aktifitas masyarakat dapat terlaksana sebagaimana mestinya.