Dirjen Agama Kristen Buka Sinode Kerja ke – 44 Gereja Pentakosta  

Minggu, 17 Juli 2022 | 00:17 WIB

P.Siantar,MPOL: Dirjen Urusan Agama Kristen Jannus Pangaribuan SH resmi membuka Sinode Kerja ke – 44 Gereja Pentakosta (GP) Jalan Lingga yang dilaksanakan di Kantor Pusat Jalan Lingga No 24 A Kelurahan Toba Kecamatan Siantar Selatan Kota Pematangsiantar, Jumat (14/7) dimulai jam 10.00 Wib.

Sinode tersebut akan  dilaksanakan selama tiga hari mulai Kamis – Minggu (14-17/7).

Ketua pelaksana St Poltak Tampubolon SH MTh dalam sambutannya mengatakan peserta sinode yang hadir sekitar 400 orang. “Untuk kami berharap sinode berjalan dengan baik. Kita harus berpandangan biarlah kita menjadi terang bagi dunia karena kita dipanggil menjadi terang bagi dunia,”ujarnya.

Ketua GP Jalan Lingga Pdt EV. J Sihombing dalam sambutannya mengatakan kita merasakan suka cita dari Tuhan karena setelah dua tahun berturut turut melaksanakan sinode secara on line dan kali ini boleh secara tatap muka.

Dikatakannya sebagai anak – anak Tuhan kita berjalan bukan karena keterpaksaan melainkan karena kerelaan dan kepada para pendeta Pdt J Sihombing  berpesan agar membuat kotbah – kotbah yang mudah dimengerti masyarakat awam dan selalu mencintai NKRI.

Walikota Pematangsiantar yang diwakili Asisten 3 Pariaman Silaen dalam sambutannya berharap rapat sinode mampu melihat  dan dapat berjalan bersama dalam melayani Tuhan dengan segenap hati, akal budi, dan jati diri menuju pertumbuhan gereja yang semakin dewasa.

Selain itu gereja juga diharapkan memiliki keseimbangan serta harus mempunyai kemampuan dalam mengelola yang telah diberikan Tuhan. Kepada seluruh sinodestan Walikota berharap berpartisipasi aktif dengan memberikan masukan , ide dan saran bagi kemajuan Gereja Pentakosta serta menyentuh langsung kebutuhan jemaat.

 

Sedangkan Kapolda Sumatera Utara melalui Karo SDM Kompol Benny Bawensel SIK MH dalam sambutannya mengatakan pelaksanaan simode diharapkan akan memberikan sesuatu yang baru bagi kemajuan gereja dan semakin meningkatkan pelayanan dalam pembinaan mental dan spiritual masyarakat guna mendukung kemajuan bangsa dan negara.


Dalam sambutannya Kapolda mengharapkan partisipasi gereja untuk benkontribusi dalam membantu memberikan sosialisasi dan pemahaman kepada masyarakat bahwa pemerintah telah mengambil langkah dan tidk perlu adanya kekwatiran dalam mengkonsumsi daging hewan ternak.

 

Kabid Agama Kristen Kemenag Sumatera Utara Dr Arnot Napitupulu dalam sambutannya mengucapkan selamat bersinode ke – 44 kepada Gereja Pentakosta,”Selamat bersinode kepada Gereja Pentakosta,”ujarnya.

Dirjen urusan Agama Kristen Jannus Pangaribuan dalam sambutannya sebelum membuka sinode mengatakan

hari ini merupakan salah satu perjalanan gereja.

Dikatakan Jannus saat ini ada  328 sinode dan 9 aras gereja di Indonesia.

Gereja hadir tugasnya salah satu mengedukasi untuk itu disituasi covid  sekarang ini diharapkan gereja untuk tetap mengedukasi masyarakat agar tetap mematuhi peraturan.

Salah satu program unggulan kementrian agama dalam RPJM adalah Medorasi beragama artinya dalam.pelaksanaannya tidak menyinggung, tidak menyakiti dan lain sebagainya,”Jadi tentu kita berharap Gereja Pentakosta kedepan lebih baik lagi pelayanannya,”ujarnya.

Hadir dalam acara tersebut Ketua GP Jalan Lingga Pdt Ev J Sihombing, Sekjend Pdt J Simanjuntak STh, Karo SDM Polda Su Kombes Benni Bawensel SIK MH, Wakapolres Pematangsiantar Kompol Ismawansah SIK, Direktur Urusan Agama Kristen Kemenag RI  Jannus Pangaribuan SH MM, Kabid Binmas Kristen Kemenag Kanwil Sumatera Utara  Dr Arnot Napitupulu, Ketum GPDI Pdt SM Manurung STh, asisten 3 Pemko Siantar Pardamean Silaen, Sekjend GKJB Pdt Josua Simatupang, PGPI Sumut – Aceh Pdt Marlin Hutajulu MTh

Acara diawali dengan upacara nasional, kata kata sambutan dilanjutkan rapat komisi dan tetap dengan mematuhi protokel kesehatan yakni semua peserta memakai masker dan cuci tangan sebelum masuk ruangan.

Acara mengangkat thema” Akulah terang dunia, Barang siapa mengikut Aku ia tidak akan berjalan dalam kegelapan melainkan  ia akan mempunyai terang hidup (Yohannes 8:12) dan sub thema Gereja harus menjadi terang untuk menerangi kegelapan. **