Peringati World Clean-Up Day 2022:

CCEP Indonesia, BSINN dan BLH Medan Kumpulkan 3,7 Ton Sampah

Selasa, 27 September 2022 | 18:28 WIB

Medan. MPOL – World Clean-Up Day (WCD) adalah aksi bersih-bersih yang dilaksanakan serentak di 191 negara di dunia dengan tujuan menyatukan umat manusia dari berbagai budaya, agama, suku dan ras untuk membersihkan dunia dari permasalahan sampah. Aksi ini merupakan perwujudan peningkatan kepedulian terhadap permasalahan sampah serta menjadi sarana memupuk nilai cinta kasih terhadap masa depan Bumi.

Pada tahun 2022, kegiatan WCD Indonesia mengusung tema *“Kami 13 juta Menuju Indonesia Bersih dan Bebas Sampah”*. Tema ini diangkat sebagai wujud semangat persatuan menuju Indonesia Bersih melalui jaringan leaders, partners, dan seluruh masyarakat dalam kampanye *#kami13juta*. Diharapkan sebanyak 13 juta relawan atau lima persen dari populasi masyarakat Indonesia dapat turut serta pada aksi tahun ini dan menjadi salah satu bagian dari sejarah aksi gotong royong pungut sampah terbesar di dunia.

Sebagai bentuk wujud komitmen Coca-Cola Europacific Partners Indonesia (CCEP Indonesia) untuk menjadi leader dalam aksi keberlanjutan, maka bersama mitra Bank Sampah Induk New Normal (BSINN) bersama Pemerintah Kota Medan khususnya Dinas Lingkungan Hidup Kota Medan turut serta melakukan serangkaian kegiatan aksi bersih-bersih dan pilah sampah sejak 10 – 25 September 2022 di 30 titik lokasi yang tersebar di Kota Medan.

Dalam rangkaian kegiatan WCD 2022 di Kota Medan, CCEP Indonesia bersama BSINN melakukan roadshow (keliling) selama 16 hari untuk memberikan pengarahan dan perlengkapan untuk melakukan aksi bersih di lokasi masing-masing seperti karung, spanduk, seragam, sarung tangan, produk minuman CCEP Indonesia beserta mobil untuk penjemputan sampah terkumpul untuk di satukan dan di laporkan lebih lanjut. Sedangkan Pemerintah Kota Medan melalui Sekretariat Kota Medan dan Dinas Lingkungan Hidup Kota Medan memberikan dukungan melalui surat himbauan kepada kecamatan, kelurahan dan seluruh pihak yang diharapkan dapat berpartisipasi dalam kegiatan.

Selama kegiatan roadshow dan launching WCD 2022, CCEP Indonesia bersama BSINN berhasil mengumpulkan sebanyak 3.699 kg sampah unorganik dan 4.792 orang peserta di 30 lokasi yang terdiri dari 5 Kecamatan, 15 Kelurahan, 8 sekolah dan 2 bank sampah. Sampah terkumpul keumdian akan dilakukan pemilahan di bank sampah, penimbangan dan pengelolaan lebih lanjut. Di akhir kegiatan akan dilakukan pelaporan ke pusat melalui link yang sudah disediakan khusus untuk WCD 2022.

Selain aksi keliling, pada tanggal 18 September 2022, bersama Dinas Lingkungan Hidup Kota Medan membuat pusat pengumpulan sampah melalui Bank Sampah Mobile pada acara Launching World Clean-up Day bersamaan dengan Car Free Day Kota Medan. Dalam acara puncak kegiatan World Clean-Up Day 2022 di Kota Medan dihadiri oleh kepala Dinas Lingkungan Hidup, Founder Bank Sampah Induk New Normal, Corporate Affairs Manager Coca-Cola Europacific Partners Indonesia, Camat, Lurah, perwakilan dari sekolah, LSM/NGO, Karang Taruna, perusahaan swasta dan seluruh peserta aksi bersih dan peserta Car Free Day.

*Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Medan, Bapak Zulfansyah Ali Saputra, ST. M.Eng* dalam sambutannya menghimbau semua masyarakat Kota Medan untuk tidak membiarkan sampah-sampah di sekitar yang bermanfaat terbuang sia-sia. “Pilahlah sampah dengan bijak dari rumah supaya tidak memberatkan lokasi TPA di Kota Medan. Selalu kedepankan prinsip 3R (Reuse, Reduce, Recycle) sehingga bisa bermanfaat dapat dijadikan ekonomi sikular,” pungkasnya.

*Founder Bank Sampah Induk New Normal, Yasra Al Fariza, S.H*, dalam kesempatan tersebut menghimbau agar setiap orang harus bertanggung jawab dengan sampah yang dihasilkan dan setiap event diharapkan untuk minim sampah dengan berkolaborasi beberapa komunitas peduli sampah dan lingkungan, sehingga dapat membaantu program pemerintah dalam pengelolaan sampah berbasis masyarakat. “Sampahmu, Tanggungjawabmu” tutupnya.

*Corporate Affairs Manager CCEP Indonesia, Angga Harahap*, menyampaikan selalu melakukan kolaborasi dengan pemerintah dan lembaga lokal dalam mengatasi permasalahan sampah di Kota Medan dan kota-kota lainnya di Indonesi karena memang sudah menjadi komitmen perusahaan untuk menjadi leader dalam keberlanjutan. Satu aksi kecil dengan melibatkan banyak orang, diharapkan dapat memberikan pembelajaran dimasyarakat pentingnya setiap orang bertanggung jawab dengan sampah yang dihasilkan. “Kegiatan WCD 2022 tersebut juga merupakan wujud nyata dari ’This is Forward’, rencana aksi keberlanjutan dari grup perusahaan Coca-Cola Europacific Partners, dengan fokus terhadap enam bidang sosial dan lingkungan utama dengan dampak signifikan, yakni: iklim, pengemasan, minuman, masyarakat, air, serta rantai pasokan,” tutupnya. (Dro/Rel).