Upacara Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-77 pada Tingkat Setukpa Lemdiklat Polri

Rabu, 17 Agustus 2022 | 14:56 WIB

Sukabumi, MPOL: Bertempat di lapangan Soetadi Ronodipuro Kasetukpa Lemdiklat Polri Brigjen Pol Mardiaz Kusin Dwihananto, S.I.K., M.Hum bertindak selaku Inspektur upacara pada upacara peringatan hari ulang tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke 77 tingkat Setukpa Lemdiklat Polri (17/08/2022).

Upacara peringatan HUT RI ke 77 kali ini menandai bangkit dan pulihnya Indonesia karena sudah dapat dilaksanakan secara langsung dan diikuti oleh seluruh personel Setukpa Lemdiklat Polri, Bhayangkari Cabang 04 Setukpa serta seluruh siswa Sekolah Inspektur Polisi (SIP) angkatan 51 tahun 2022 Resimen Satya Intar Adinata Pratapa (51AP), yang mana dua tahun sebelumnya dilaksanakan secara virtual karena pandemi Covid-19.

Upacara berlangsung khidmat, dengan tetap berpedoman pada protokol kesehatan, karena sebagaimana diketahui bersama bahwa pandemi Covid – 19 belum sepenuhnya berakhir dan masih perlu diwaspadai.

Dalam amanatnya Kasetukpa Lemdiklat Polri menyampaikan point – point pidato kenegaraan Presiden Republik Indonesia Ir. Joko Widodo yang diantaranya empat kekuatan untuk membangun bangsa Indonesia, yang pertama Indonesia mampu mengendalikan pandemi dengan baik berarti Indonesia akan mampu mengelola agenda agenda besar lainnya dengan baik.

Yang kedua Indonesia memilik sumber daya alam yang melimpah dengan keanekaragaman hayati terkaya di dunia, yang ketiga bonus demografi yang sangat potensial, yang keempat kepercayaan internasional yang meningkat tajam, diantaranya Indonesia diterima sebagai jembatan perdamaian antara Rusia dan Ukraina, dipercaya oleh PBB untuk penanganan krisis global, tahun 2022 ini dipercaya menjadi Presiden G20, tahun depan menjadi Presiden Asean, artinya bangsa Indonesia berada di puncak kepemimpinan global dan memperoleh kesempatan besar untuk membantu kerjasama internasional. Hal ini senada dengan tema HUT Kemerdekaan RI ke 77 pulih lebih cepat bangkit lebih kuat.

Kasetukpa Brigjen Pol Mardiaz menambahkan, menyikapi tantangan bangsa yang semakin berat, kita akan hadapkan dan diuji dengan masalah sosial, politik, ekonomi dan berbagai masalah lainnya yang menguji persatuan dan kesatuan bangsa.

Sebagai insan bhayangkara pengawal tegak dan kokohnya Negara Kesatuan Republik Indonesia, kita harus mampu menciptakan rasa aman dan tentram dengan melaksanakan tugas pokok kita sebagai pelayan, pelindung dan pengayom masyarakat dalam pemeliharaan Kamtibmas serta mengawal proses penegakan hukum yang transparan dan berkeadilan, ungkap Brigjen Mardiaz.

Brigjen Pol Mardiaz Menjelaskan, dilembaga pendidikan ini, dalam mengisi kemerdekaan mari kita wujudkan program prioritas Lemdiklat Polri yaitu transformasi pendidikan Polri menuju kampus Presisi, dimana lembaga pendidikan Polri sebagai aspek penting dalam memproduksi alat utama Polri yang unggul, kreatif dan inovatif menghadapi tantangan di era 4.0 termasuk dampak pandemi global Covid-19.

Brigjen Mardiaz berpesan kepada para siswa SIP angkatan 51 tahun 2022, untuk terus meningkatkan kemampuan berinovasi yang kreatif dan rasa kepedulian yang tinggi kepada masyarakat sebagai wujud dari pengabdian dalam mengisi kemerdekaan, pungkasnya.

Setelah upacara selesai, kegiatan dilanjutkan photo bersama dengan latar belakang patung Kapolri Pertama RS. Sukanto dan Burung Garuda sebagai wujud pemuliaan kepada pendahulu Polri dan untuk menanamkan nilai nilai kebangsaan dilingkungan Setukpa Lemdiklat Polri.

Tepat pada pukul 10.00 Wib sesaat sebelum berkumandangnya lagu kebangsaan Indonesia Raya di Istana Negara, Kasetukpa Lemdiklat Polri beserta pejabat utama Setukpa, siswa dan masyarakat Kota Sukabumi yang melintas jalur Setukpa, seluruhnya menghentikan aktifitas dan memperingati detik detik proklamasi dengan penuh khidmat.

Kegiatan peringatan HUT RI ke 77 di Setukpa juga diisi dengan berbagai jenis perlombaan yang diikuti oleh seluruh keluarga besar Setukpa dan siswa SIP angkatan 51 tahun 2022.