TNI Junjung Tinggi Netralitas dalam Pilkada

Jumat, 27 November 2020 | 19:24 WIB
Medan, MPOL: Tentara Nasional Indonesia (TNI) menjunjung tinggi netralitas dalam penyelenggaraan dan pelaksanaan pemilihan kepala daerah (pilkada) yang akan digelar serentak pada akhir tahun ini. Terkait hal tersebut, jika terdapat indikasi pelanggaran dilakukan personel atau prajurit yang berpotensi mengurangi nilai netralitas tersebut, maka dapat dilaporkan ke instansi terkait. Apabila terbukti maka ditindak tegas.
Demikian dijelaskan Kepala Penerangan Kodam (Kapendam) I/Bukit Barisan Kolonel Inf Zeni Djunaidhi, SSos, MSi dalam sambutannya saat menggelar kegiatan Jumat Berkah dan silaturahmi bersama insan media mitra Kodam I/Bukit Barisan di Kantin Kiwaldam I/BB Jalan Gatot Subroto Medan, Jumat (27/11). Hal tersebut ia tegaskan terkait sikap TNI menghadapi isu pilkada yang tengah menghangat di  masyarakat. Ia mengharapkan rekan media dan insan pers mitra Kodam juga turut membantu dengan memberikan publikasi dan pemberitaan yang bertujuan menjaga stabilitas dan kondusivitas wilayah.
Ia menegaskan, jika terdapat temuan atau indikasi personel yang tidak menjalankan netralitas TNI di lapangan agar segera dilaporkan untuk ditindaklanjuti. “Jika ada hal-hal terkait netralitas TNI khususnya dalam pilkada, laporkan dengan kami. Kami TNI menjunjung tinggi netralitas,” tukasnya.
Ditegaskannya, jika terdapat laporan personel yang tidak netral maka ditindaklanjuti dan diselidiki. “Jika terbukti, kita akan berikan sanksi tegas kepada personel yang terlibat,” tegasnya.
Kapendam juga mengapresiasi peran insan media mitra Kodam yang selama ini turut memberitakan berbagai kegiatan Kodam sehingga diketahui publik secara luas. Ia mendukung agar media tetap berperan memberikan edukasi kepada masyarakat melalui pemberitaan yang mendorong untuk menciptakan stabilitas dan keamanan wilayah. “Kami senang dan bangga insan media memenuhi undangan silaturahmi ini. Kami melaksanakan kegiatan karena beberapa bulan kita vakum terkait peliputan terkait dengan masa pandemi saat ini,” urainya.
Acara khususnya untuk peliputan yang sifatnya perkumpulan atau berpotensi menimbulkan kerumunan saat ini sangat dibatasi. Ia meminta situasi tersebut dapat dipahami bersama, diharapkan pula dengan silaturahmi ini memperkuat jalinan kerja sama dan kekeluargaan personel prajurit dan PNS Pendam I/BB dengan insan pers mitra. “Semoga acara ini membawa keberkahan untuk kita semua,” tukasnya.
Perwakilan insan media, Setia Pandia yang juga Kepala Seksi Produksi Berita TVRI Sumut menyampaikan, media juga berperan sebagai pemersatu bangsa dan penyeimbang informasi publik. Diharapkan ke depan tetap terjalin kerja sama dan sama-sama membantu serta mendukung pelaksanaan tugas jurnalistik dan tugas satuan. Acara dilanjutkan dengan ramah tamah dan makan siang bersama, Pendam juga menyalurkan bantuan sembako bagi insan media.