Parlemen Modern Menjadi Tanggung Jawab Semua Pihak

Jumat, 5 Agustus 2022 | 20:57 WIB

Jakarta, MPOL: Parlemen Moderen menjadi tanggung jawab semua pihak demikian Sekretaris Jendral (Setjen) DPR RI, Indra Iskandar mengatakan pada wartawan dalam forum komunikasi dan sosialisasi kinerja DPR RI yang juga dihadiri Wakil Ketua BURT Dimyati Natakusuma, Jumat (5/8( di Lombok Nusatenggara Barat.

Menurutnya Koordinator Wartawan Parlemen mampu memberikan informasi langkah dan tujuan dari Kesekjenan DPR RI. Demi terciptanya transparansi kinerja setiap Anggota DPR RI disetia rapat Komisi.

Kita tau bahwa anggota DPR menjabat selama 5 tahun berganti ada yang terpilih lagi bisa tidak sehingga ini juga menjadi tanggung jawab kita.

Parlemen Modern meliliki target dan tujuan yang jelas, yaitu mengetahui kinerja setiap anggota dewan dalam bekerja. Untuk meraih itu, diperlukan beberapa indikator demi memajukan parlemen modern.

“Pertama transparansi, transparansi yang dimaksud yaitu agar media mudah dalam mengemban tugas sebagai, Selanjutnya, Teknologi informasi, maksudnya untuk membuka akses bagi masyarakat, dan yang terakhir fungsi reprentasi.”

Ia berharap jurnalis dapat membantu mewujudkannya, mengingat media dapat menjembatani langkah dan tujuan dari Parlemen Modern. “Hampir sebagian besar masyarakat tidak mengetahui anggota atau wakil yang berasal dari dapilnya,” tutur Indra Iskandar.

Sementara itu, Ketua Koordinator Wartawan Parlemen, Marlen Sitompul mengatakan bahwa Parlemen Modern memiliki tujuan salah satunya untuk meningkatkan modernisasi dan transpatansi sehingga jurnalis mampu bekerja lebih baik lagi

“Mampu membuat awak media bekerja lebih santai lagi,” tuturnya.