Milad ke-49 MABMI, Syamsul Arifin Minta Anak-Anak Melayu Diperhatikan

Kamis, 18 Juni 2020 | 23:35 WIB

Medan, MPOL: Ketua Umum Pengurus Besar Majelis Adat Budaya Melayu Indonesia (PB MABMI) menegaskan harapan kepada para pemangku kepentingan khususnya di Sumatera Utara, memberi perhatian menjadikan anak-anak Melayu yang potensial untuk duduk di tempat atau posisi yang baik.

Sebagai “anak negeri” atas sejumlah daerah pemerintahan, hendaknya jangan jadikan anak Melayu sebagai “tamu di rumah sendiri”.

”Kami tidak minta diistimewakan tapi adalah perhatian, karena di beberapa momentum kami orang Melayu tidak diperhitungkan namun selalu dimanfaatkan pada saat-saat tertentu,” ungkap Syamsul Arifin saat menyampaikan pidato Milad ke-49 (18 Juni 1971-18 Juni 2020) Majelis Adat Budaya Melayu Indonesia (MABMI), dalam satu acara sederhana di Kantor PB MABMI Jalan Brigjen Katamso Medan, Kamis (18/6/2020).

Mantan Gubernur Sumatera Utara itu juga menyampaikan apresiasi atas dukungan masyarakat berbagai etnis lainnya di Sumatera Utara ini kepada masyarakat Melayu. Sebaliknya masyarakat Melayu juga selalu berperan dalam menyatukan persepsi dan sikap berbagai etnis yang ada menghadapi momentum-momentum tertentu, demi menjaga tetap utuhnya kebersamaan yang ada.

Menurut Dato’ Seri Syamsul Arifin, peran itu sekaligus menegasikan sikap Melayu yang sebagai tuan rumah harus santun dan menghormati tamu di rumahnya. Dan karenanya pula sebaliknya, patut pula berharap anak-anak Melayu mendapat perhatian sesuai potensi yang dimilikinya.

Menurutnya, perhatian tersebut selayaknya diberikan tanpa harus dengan meminta-minta. “Tak usahlah ditunggu harimau mengaum, sehingga lebah-lebah berjatuhan dari sarangnya,” ujar Ketua Umum PB MABMI itu mengungkap satu perumpamaan.

Ketua Umum PB MABMI Dato’ Seri H Syamsul Arifin SE foto bersama para pengurus PB MABMI di sela peringatan Milad ke-49 MABMI, Kamis (18/6/2020). (ist)

SEDERHANA

Peringatan milad atau hari lahir organisasi MABMI ke-49 yang jatuh pada 18 Juni 2020 tersebut berlangsung dalam suasana sederhana dan penuh kekeluargaan. Hadir para tokoh dari berbagai unsur kepengurusan PB MABMI, seperti Pemanku Sultan Deli T. Hamdy Osman Delikhan Al-Haj gelar Raja Muda Deli, Dr. Ir Tengku Erry Nuradi mantan Gubsu yang juga Ketua Umum PB ISMI, Prof Dr Ir Djohar Arifin Husin yang juga anggota DPR RI, Dr. H. Sakhyan Asmara MSP yang santer disebut akan maju sebagai calon Walikota Medan, Dr. M. Takari Sekretaris Umum PB MABMI, Ketua PB Angkatan Muda Melayu Indonesia (AMMI) H. OK. Faizal Abdul Djalil SP dan lain-lain.

Selain itu hadir pula Sultan Bilah T Risfansyah Bidar Alam, tokoh-tokoh yang dikenal dekat dengan masyarakat Melayu seperti mantan Sekdaprovsu Dr. RE Nainggolan, mantan pejabat Pemprovsu Nabari Ginting dan Ka Binda Sumut Brigjen Ruruh W Wirabawa.

Dato’ Seri Syamsul Arifin menyebutkan, peringatan milad ke-49 MABMI ini dilaksanakan secara sederhana dengan penuh kekeluargaan demi menghormati keputusan pemerintah, yakni protokol kesehatan terkait Pandemi Covid-19.

“Milad tahun ini diisi dengan peduli anak yatim, yakni menyantuni anak-anak yatim dan doa bersama agar bangsa dan rakyat Indonesia segera pulih dari virus Corona dan MABMI diberi keselamatan,” ucap Syamsul yang juga dikenal sebagai tokoh pemuda/mantan Ketua DPD KNPI Sumut dan mantan Bupati Langkat itu.

Seperti diketahui, MABMI saat ini tersebar di berbagai provinsi di antaranya Sumut, Aceh, Jambi, Sumsel, Riau, Kepulauan Riau, Bangka Belitung, Kalimantan dan Bali. Diharapkan, dengan semangat milad ke-49 ini MABMI akan bertambah jaya dan bertambah kokoh, apalagi pemerintah daerah juga ikut mendukung kehadiran dan program nyata MABMI.

Turut menyampaikan kata sambutan pada acara itu, tokoh Melayu mantan Gubsu Dr. Ir. H. Tengku Erry Nuradi.

Sebelumnya, pada pagi hari di tempat yang sama juga dilaksanakan makan bersama dan santunan kepada anak yatim, khususnya bagi mereka yang berdomisili di sekitar lokasi kantor PB MABMI. Doa syukur dan doa selamat pada kedua kegiatan ini dipimpin pengurus PB MABMI Dr Milhan Yusuf (Sekretaris) didampingi Azrin Marydha (Departemen Melayu Serumpun) dan dipandu Syahril Tambuse (Sekretaris). **