Ketua MPR RI Buka Resmi UKW Wartawan Parlemen

Selasa, 23 Februari 2021 | 16:35 WIB

Jakarta, MPOL: Ketua MPR RI membuka resmi Uji Kompetensi Wartawan (UKW) wartawan Parlemen Selasa (23/2) di ruang GBHN DPR RI Jakarta.

“Dengan mengucapkan Basmallah UKW Angkatan ke-50 PWI Jaya ini saya buka. Semoga semuanya lulus,” ucap Bambang Soesatyo seraya mengetuk meja tiga kali.

Bambang Soesatyo yang didampingi Ketua Umum PWI Pusat Atal Sembiring Depari, Ketua PWI Jaya Sayid Iskandarsyah, Kepala Biro Humas dan Pemberitaan MPR Siti Fauziah, Koordinator Wartawan Parlemen Marlen Erikson Sitompul, pada kesempatan itu menceritakan pengalamannya saat masih menjadi “kuli tinta”.

“Saya bangga pernah menjadi wartawan, seperti teman-teman sekarang ini,” kata mantan wartawan “Prioritas.” Seluruh wartawan yang bertugas di Gedung Parlemen, wajib ikut UKW. “Jumlah wartawan di sini lebih dari 100 orang. Secara bertahap semua harus ikut,” tegas Bamsoet, yang kini juga memegang jabatan Ketua Umum PP IMI 2021-2025.

Sedangkan Atal Sembiring Depari, Ketua Umum PWI Pusat, dalam sambutannya mengatakan pentingnya UKW untuk meningkatkan kualitas dan profesionalitas wartawan. “Semua bidang ada kompetensinya, apalagi wartawan.”

UKW Angkatan ke-50 PWI Jaya ini diselenggarakan secara “in house” di Ruang GBHN Gedung Nusantara V, kompleks parlemen, Senayan, dari kerjasama Biro Humas dan Pemberitaan Parlemen, Koordinatoriat Wartawan Parlemen, dan PWI Jaya.

UKW Angkatan ke-50 PWI Jaya ini diikuti 30 peserta, terdiri dari 28 peserta kategori muda dan dua kategori utama. Ada lima penguji di lima kelas kategori muda dan satu kelas kategori utama. Penguji di kategori utama adalah Aat Surya Safaat, sementara lima penguji di kategori muda adalah Theo Yusuf, Suprapto, Iqbal Irsyad, A.R.Lubis, dan Dirham Sabirin. Mereka didampingi oleh tujuh penguji magang, yakni Irmanto, Kesit Budi Handoyo, Tubagus Adhi, Kadirah, Naek Pangaribuan, Diapari Sibatangkayu, dan Komang Darmawan.

Begitu juga Ketua Koordinator Wartawan Parlemen Marlene Erikson Sitompul mengatakan, berterima kasih kepada Ketua MPR Bambang Soesatyo, atas dukungannya untuk penyelenggaraan UKW ini. “Terus terang, Pak Bambang Soesatyo yang mengusulkan agar semua teman wartawan yang bertugas di DPR & MPR mengikuti UKW,” papar Marlene Erikson Sitompul, dari Jurnas.com.

Sementara itu Kepala Biro Humas dan Pemberitaan MPR RI. Siti Fauziah mengatakan Ya, rencananya semua wartawan yang bertugas di parlemen diwajibkan ikut UKW. Sekarang ini baru 30, ke depannya semua harus ikut,” tuturnya.

Senada Ketua PWI Jaya, Sayid Iskandarsyah, mengurai apresiasinya atas pelaksanaan UKW Angkatan ke-50 PWI Jaya ini. Bambang Soesatyo adalah pemegang kartu anggota PWI Jaya. “Pak Bamsoet ini anggota 09,” tutur Sayid Iskandarsyah, merujuk pada kode dari PWI Jaya.