Kapolda Jatim Berdoa di Makam Sang Kakek Pejuang Kemerdekaan

Jumat, 1 Juli 2022 | 18:17 WIB

Surabaya, MPOL:   Hari Bhayangkara ke 76 tanggal 1 Juli 2022, Kapolda Jawa Timur, Irjen Pol Nico Afinta, bersama Wakapolda Jatim Brigjen Pol Slamet Hadi Supraptoyo, didampingi Pejabat Utama Polda Jatim dan Kapolrestabes Surabaya, dan diikuti oleh Ketua Daerah Bhayangkari Jawa Timur Ny. Ully Nico Afinta beserta Bhayangkari Daerah Jawa Timur, melaksanakan Ziarah Makam Pahlawan 10 Nopember di Jalan Mayjen Sungkono Surabaya, Kamis (30/6/2022).

 

 

Kegiatan tersebut diawali dengan upacara penghormatan kepada arwah para Pahlawan yang telah gugur, dilanjutkan peletakan karangan bunga oleh Kapolda Jatim Irjen Pol Nico Afinta selaku pimpinan ziarah makam dan dilanjutkan dengan penaburan bunga yang dipimpin oleh pimpinan ziarah.

 

 

Pada kesempatan itu, Kapolda Jatim Irjen Pol Nico Afinta berziarah dan berdoa di makam kakek beliau yang dimakamkan di Makam Pahlawan 10 Nopember jalan Mayjen Sungkono Surabaya.

 

 

Untuk diketahui, Almarhum Kakek beliau bernama Busan Ginting Soeka adalah seorang Purnawirawan Perwira TNI AD berpangkat Kapten yang berdomisili di bilangan Jalan Jagir Surabaya, meninggal dunia pada 23 Oktober 2007 yang merupakan patriot bangsa yang turut berjuang merebut dan mempertahankan Kemerdekaan RI dan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan 10 Nopember Jalan Mayjen Sungkono Surabaya.

 

 

Setelah ziarah di makam kakek, Irjen Pol Nico Afinta kemudian berziarah ke makam Irjen Pol (purn) Drs H.R Hartawan yang merupakan mantan Kapolda Jatim pada era 1977 s/d 1980 yang meninggal dunia tepat di hari bhayangkara 1 Juli 2008 dan dilanjutkan menziarahi makam-makam para pahlawan lainnya di Taman Makam Pahlawan 10 Nopember Jl Mayjen Sungkono Surabaya baik yang berasal dari kesatuan TNI AD, TNI AU dan TNI AL serta Kepolisian.

 

 

Kegiatan berziarah dan tabur bunga di makam-makam para pahlawan juga dilakukan oleh Wakapolda Jatim beserta para pejabat utama Polda Jatim, dalam rangka Hari Bhayangkara ke – 76 Tahun 2022, bertujuan mengenang jasa para Pahlawan yang telah gugur dalam membela Bangsa dan Negara,” kata Irjen Pol Nico Afinta.***