Fadel Muhammad Pimpin Upacara Peringatan Hari Patriotik Gorontalo

Selasa, 24 Januari 2023 | 13:38 WIB

Jakarta, MPOL: Wakil Ketua MPR RI Fadel Muhammad selaku Ketua Umum Paguyuban Lamahu peringati Hari Patriotik Gorontalo ke 81 di Makam Pahlawan Nasional, Kalibata, Senin (23/1) di Jakarta Selatan.

Menurut Fadel 23 Januari 1942 adalah hari yang sangat berarti bagi masyarakat Gorontalo karena di hari itulah dideklarasikan kemerdekaan Provinsi Gorontalo. Dimana acara peringatan Hari Patriotik ini digelar sebagai wujud kehormatannya kepada arwah para pahlawan asal Gorontalo, terkhusus keluarga Nani Wartabone.

“Yang kedua, beliau itu seorang petani yang dihormati di Gorontalo, sehingga di Gorontalo itu kita terus mendorong masyarakat petani yang merupakan backbone atau tulang punggung di Gorontalo. Kita usahakan bangun.” Nani Wartabone juga merupakan sosok yang sangat menghargai NKRI dan menjadi panutan bagi masyarakat di Gorontalo.

Usai memimpin upacara dilanjutkan dengan penaburan bunga di sejumlah makam pahlawan asal Gorontalo yang dimakamkan di TMPN Kalibata itu. “Marilah kita mengheningkan cipta kepada para pahlawan asal Gorontalo khususnya keluarga Nani Wartabone dan para pahlawan asal Gorontalo yang dimakamkan di sini.”

Hadir pada acara itu, cucu dari mendiang Nani Wartabone serta anggota paguyuban atau organisasi masyarakat Gorontalo Lamahu. Usai melakukan upacara penghormatan dan tabur bunga, Fadel melihat sosok Nani Wartabone sebagai sosok pahlawan nasional asal Gorontalo yang spirit perjuangannya masih dipegang, tutur Fadel Muhammad.***