Didampingi Kapolda Irjen Nico Afinta, Ketua DPR RI Kunjungi Lokasi Ini di Jatim

Kamis, 3 Maret 2022 | 15:45 WIB

 

Surabaya, MPOL: Ketua DPR RI, Dr (HC) Puan Maharani, melakukan kunjungan kerja di Provinsi Jawa Timur, didampingi Wakil Ketua MPR RI, Dr Ahmad Basarah, Ketua Banggar DPR RI, Said Abdullah, Ketua Komisi IV DPR RI Sudin,SE dan Wakil Ketua Komisi VI DPR RI Aria Bima, Rabu (2/3/2022).

Ikut mendampingi kunjungan kerja yang dilakukan Ketua DPR RI beserta rombongan, Pangdam V Brawijaya Mayjen TNI Nurchahyanto, Pangkoarmada II Laksda TNI Iwan Isnurwanto, Kapolda Jawa Timur, Irjen Pol Nico Afinta dan Kabinda Jatim Marsma TNI Rudy Iskandar.

Dalam kegiatan itu, juga hadir Pejabat Utama Polda Jatim, Forkopimda Kota Surabaya, Forkopimda Kabupaten Lamongan, Ketua Paguyuban Pasar Ikan Kabupaten Lamongan, Forkopimda Kabupaten Gresik, Dirut Petrokimia Gresik dan Ketua Paguyuban Pengrajin Tempe.

Ketua DPR RI, Puan Maharani dan rombongan, pertama sekali mengunjungi Pasar Kerampung Tambakrejo Surabaya, kemudian ke Pasar Ikan Kabupaten Lamongan, serta menuju ke Lokasi Banjir Desa Soko Kecamatan Glagah Kabupaten Lamongan, kemudian Pabrik Petrokimia Gresik, PT Wilmar Nabati Indonesia dilanjutkan kunjungan ke perkampungan pengrajin tempe di Sukomanunggal Surabaya.

Puan Maharani, saat meninjau pasar Kerampung Tambakrejo melakukan pengecekan ketersediaan minyak goreng di sejumlah toko sembako dalam mengantisipasi terjadinya kelangkaan. Dalam kegiatan itu, Ketua DPR mengimbau agar masyarakat tidak panik dengan melakukan aksi borong minyak goreng, kepada para penjual agar menjual sesuai Harga Eceran Tertinggi (HET) yang telah ditetapkan pemerintah dan tetap mematuhi protokol kesehatan.

Sementara sewaktu meninjau di Pasar Ikan Lamongan, Ketua DPR Puan Maharani, melakukan penyerahan bantuan secara simbolis 1 unit ambulan kepada perwakilan paguyuban pedagang pasar ikan Kabupaten Lamongan.

Kegiatan kunker tersebut dilanjutkan dengan pengecekan lokasi banjir di Desa Soko Kecamatan Glagah Kabupaten Lamongan. Dalam kegiatan itu, dilaksanakan pengurugan secara simbolis bantuan tanah urugan sebanyak 100 Dum truk untuk lokasi yang terdampak banjir dan dialog interaktif dengan petani tambak yang terdampak banjir.

Setelah melakukan kegiatan di Surabaya dan Lamongan, Ketua DPR dan rombongan menuju ke Pabrik Petrokimia Gresik dengan melaksanakan penanaman pohon pelangi serta meninjau lokasi ruang kontrol Petrokimia Gresik.

Bahkan, Ketua DPR juga melakukan pengecekan tempat produksi minyak goreng yang ada di PT. Wilmar Nabati Indonesia Kabupaten Gresik untuk memastikan produksi minyak goreng dan menepis isu kelangkaan. Rata-rata produksi harian PT. Wilmar sebanyak 1000 MT.

Selanjutnya, Ketua DPR Puan Maharani melakukan pengecekan ke Kampung pengrajin tempe Sukomanunggal Surabaya bertemu dengan Ketua paguyuban pengrajin tempe dan tahu untuk berdiskusi terkait solusi dalam menghadapi kelangkaan dan semakin tingginya harga kedelai sebagai bahan baku tempe dan tahu.

Selanjutnya, kegiatan kunjungan kerja tersebut diakhiri dengan ramah tamah, Ketua DPR RI beserta rombongan dengan Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa dan Forkopimda Jatim di Gedung Negara Grahadi.***