Bupati Zahir Teken MoU dengan Direktur PTDI, untuk Membangun SDM Putra-Putri Kaupaten Batu Bara

Kamis, 5 Maret 2020 | 12:57 WIB

Jakarta – Bupati Batu Bara Ir. H. Zahir M. AP menandatangani MoU Pola Pembibitan Pemerintah Daerah Untuk Membangun Sumber Daya Manusia (SDM)Transportasi Darat dengan Direktur Politeknik Transportasi Darat Indonesia (PTDI) di hadapan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di Wakili Kepala Badan SDM Ir. Sugiharjo, MSi di Ball Room Hotel Grand Mercuri Kemayoran Jakarta, Kamis (5/3/2020).

Penandatanganan MoU tersebut dilakukan Bupati Zahir didampingi Kadis Perhubungan Jonnis Marpaung dengan Direktur PTDI Hindro Suratmat sekaligus dengan 11 Bupati / Walikota yaitu Bupati 50 Kota, Ternate, Pasaman, Bener Meriah dan lainnya.

MoU tersebut merupakan komitmen Bupati Batu Bara Ir. H. Zahir M.AP yang juga politisi PDI Perjuangan itu untuk membangun SDM putra daerah Kabupaten Batu Bara dalam mengisi keilmuan transportasi darat di samping disiplin dan bertanggung jawab.

Kebutuhan SDM transportasi darat sendiri di Batu Bara semakin meningkat dan diperkirakan akan terus meningkat, mengingat kabupaten ini merupakan daerah Proyek Strategis Nasional sesuai Pepres 81 tahun 2018 dan Kawasan Strategis Provinsi Sumatera Utara sesuai Perda Nomor 2 tahun 2017.

“Kebutuhan SDM transportasi darat sangat dibutuhkan Kabupaten Batu Bara, karena sejalan dengan Proyek Strategis Nasional dan Kawasan Strategis Provinsi tersebut,” ungkap Zahir.

Zahir yang pada acara itu juga didampingi Ketua TBUPP Batu Bara Drs. Syaiful Syafri MM, mengatakan, membangun Batu Bara berarti memprioritaskan membangun SDM sesuai dengan visi Presiden Ir. H. Joko Widodo (Jokowi) dalam Kabinet Indonesia Maju Jilid 2.

Bupati Batu Bara Ir. H. Zahir, M.AP didampingi Ketua TBUPP BB Drs. Syaiful Syafri, MM (nomor 3 dan nomor 2 dari kanan) bersama Kepala Badan SDM Kemenhub Ir Sugiharjo Msi dan Direktur PTDI Hidro Surahmat pada acara penandatanganan MoU. (Foto: ist)

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan oleh Kepala Badan SDM Ir. Sugiharjo M.Si menyampaikan terimakasih kepada Bupati Batu Bara Ir. H. Zahir, M.AP yang hadir langsung bersama 11 Bupati/Walikota lainnya.

Dijelaskan, sejak tahun 2014 Menteri Perhubungan telah memiliki pola pembibitan untuk putra/i daerah masuk Perguruan Tinggi di Kementrian Perhubungan RI.

Dalam pembibitan ini yang baru diikutsertakan untuk putra/i daerah hanya 5 matra yaitu transportasi darat, sedangkan transportasi laut dan udara tidak dilaksanakan karena berada di kewenangan Pemerintah Pusat.

Penandatanganan MoU antara Bupati Batu Bara Ir. H. Zahir M.AP dengan Direktur Politeknik Transportasi Darat Indonesia bersamaan dengan Rapat Koordinasi Pola Pembibitan Pemerintah Daerah Tahun 2020 dengan narasumber yaitu Deputi Bidang SDM Kemenpan RI,  Deputi Bidang Kepegawaian BKN dan Kepala Badan Pengembangan SDM Kementrian Perhubungan RI. (Nda)