Bupati Zahir Sambut Brigjen TNI Darmono, Pelaksanaan TMMD Tahun Depan di Lokasi Desa Pariwisata

Senin, 12 Oktober 2020 | 16:15 WIB

Tanjung Gading, MPOL : Bupati Batu Bara Ir H. Zahir M.AP didampingi unsur Forkopimda masing masing Ketua DPRD M. Syaf,i SH, Kapolres AKBP Ikhwan Lubis SH, MH, Dandim 0208/KS dan Kajari Mulyadi Sajaen SH menyambut kunjungan kerja Tim Pengawas dan Evaluasi (Wasev) Pelaksanaan TMMD 109 Brigjen TNI darmono Susastro SIP yang didampingi Danrem 022 Pantai Timur diwakili Kasiter Letkol Inf Sutan Lubis dengan Pemakaian Songket Batu Bara di Pendopo Bupati Batu Bara Tanjung Gading, Senin (12/10).

Bupati Batu Bara Ir H Zahir mengatakan bahwa pelaksanaan TMMD Ke – 109 di Kab. Batu Bara dimulai sejak pada tanggal 22 September yang lalu di Desa Kuala Gunung, Kec. Datuk Lima Puluh. Pekerjaan fisik berupa yaitu : peningkatan kondisi jalan desa, rehabilitasi tempat ibadah, dan pekerjaan non fisik berupa dialog antara TNI dengan masyarakat dan tokoh masyarakat sekitar desa.

Zahir menyebutkan tujuan dilaksanakan TMMD ke – 109 untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat dalam memenuhi peningkatan ekonomi, sosial dan budaya.

Adapun kegiatan TMMD pada tahun ini dilakukan pembangunan di dekat RSUD hal ini berkaitan dengan masa pandemi Covid – 19. “Karenanya saya berharap untuk tahun selanjutnya (2021, Red ) kegiatan TMMD di Batu Bara berlokasi di daerah/tempat sejarah atau tempat wisata,” ujar Bupati Ir H Zahir M.AP.

Sementara itu Dandim 0208 Asahan – Letkol Inf Sri Marantika senada dengan sambutan Bupati Batu Bara, tujuan dilakukan TMMD berupa pembangunan di dekat RSUD Batu Bara Desa Kwala Gunung bertujuan untuk memperbaiki dan meningkatkan akses jalan menuju RSUD dan tahun ini personil tidak menginap di rumah warga, berbeda dengan tahun sebelumnya yang menginap di rumah warga dikarenakan tahun ini masih dalam wabah Covid – 19.

Anggaran TMMD ke – 109 pada tahun ini didukung sepenuhnya oleh Pemkab Batu Bara dan juga bekerja sama dengan dinas terkait serta bekerja sama dengan kesatuan Polres Batu Bara.

Sementara itu Ketua Tim Pengawas dan Evaluasi TMMD – Brigjend TNI Darmono Susastro S.IP dalam sambutannya menjelaskan bahwa datang ke Kabupaten Batu Bara untuk meninjau dan mengevaluasi kegiatan Tentara Manunggal Masuk Desa (TMMD) yang ke – 109.

“Program ini dibuat TNI yang bekerja sama dengan pemerintahan daerah tetap dilakukan karena masyarakat masih membutuhkannya,” kata Brigjen TNI Darmono.

“Saya dan KASAD TNI mengucapkan terima kasih kepada Bupati Batu Bara yang telah berkenan sebagai tuan rumah pelaksanaan kegiatan TMMD ini walaupun masih dalam masa pandemi Covid – 19. TMMD ini juga dilakukan dengan perencanaan cukup panjang serta adanya permintaan dari masyarakat desa setempat yang telah disetujui dari pemda masing – masing. Dilakukan TMMD ini berdampak pada ekonomi dan sosial di masyarakat secara langsung,” tuturnya.

Ia juga menyatakan sangat tertarik dengan saran Bupati Batu Bara agar kegiatan TMMD tahun selanjutnya dilakukan di tempat bersejarah dan tempat wisata.

Usai acara penyambutan, Tim Pengawas dan Evaluasi beserta rombongan langsung menuju ke lokasi kegiatan TMMD di dekat RSUD Batu Bara desa Kwala Gunung. **