Presiden tunjuk Komjen Listyo Calon Kapolri, Ini sikap Ketua Umum PP Pemuda Muhammadiyah

Kamis, 14 Januari 2021 | 10:48 WIB

Jakarta,MPOL: Presiden RI Joko Widodo telah menyerahkan calon tunggal menjadi Kapolri ke Komisi III DPR RI untuk selanjutnya dilakukan uji kelayakan da kepatutan (test and propert test), yakni Komjen Listyo Sigit Prabowo, yang saat ini menjabat Kabareskrim Polri.

Berbagai pendapat dan penilaian muncul dengan penunjukan calon pengganti Kapolri Jenderal Idham Azis yang notabene non muslim. Salah satunya organisasi keagamaan terbesar di Indonesia antara lain PP Muhammadiyah. Lalu apa pendapat mereka,

1. Menyambut baik pilihan Presiden Joko Widodo atas penunjukan Kabareskrim Komjen Listyo Sigit Prabowo sebagai calon tunggal Kapolri.

Pilihan Presiden tentu berdasarkan pertimbangan matang, baik dari rekomendasi nama dari Wanjakti Polri dan juga Kompolnas. Selain itu, sebagai mantan ajudannya, presiden tentu mengenal sosok dan sepak terjang Komjen Sigit sehingga kemudian dipercaya untuk memimpin Korps Bhayangkara.

2. Pemuda Muhammadiyah meminta DPR RI, khususnya Komisi III DPR RI untuk menjalankan mekanisme uji kelayakan dan kepatutan secara profesional. Tujuannya, untuk membedah berbagai visi misi, program unggulan yang akan dilakukan Komjen Sigit saat memimpin Polri.

Proses uji kelayakan itu juga sebagai instrumen para wakil rakyat menyalurkan berbagai aspirasi masyarakat terhadap Polri. Harapan masyarakat kepada institusi Polri agar semakin terpercaya, modern dan profesional benar-benar dapat dirasakan oleh masyarakat.

3. Secara khusus, Pemuda Muhammadiyah berharap kepada Komjen Listyo Sigit segera bekerja keras menyiapkan berbagai program penegakan hukum, pengayoman masyarakat yang tanpa pandang bulu, mendekat pada keadilan sosial dan perlindungan total pada masyarakat.

Komjen Sigit harus mampu menjawab berbagai tantangan dan tren kejahatan yang saat ini bermetarfosa dalam berbagai bentuk. Baik cara, teknologi dan pola kejahatan yang mengalami perubahan cepat***.