Jumat, 20 September 2024

Pengurus SPS Sumut 2024-2029 Dilantik, Farianda: Pemerintah Harus Bantu Pers agar Tetap Eksis

Rini Sinik - Jumat, 20 September 2024 16:44 WIB
Pengurus SPS Sumut 2024-2029 Dilantik, Farianda: Pemerintah Harus Bantu Pers agar Tetap Eksis
Bandung, MPOL - Pengurus Serikat Perusahaan Pers (SPS) Provinsi Sumatera Utara periode 2024-2028 dilantik dan dikukuhkan secara langsung oleh Ketua Umum SPS Pusat, Januar P Ruswita di Hotel Savoy Homann Bandung, Jumat (20/9/2024).

Baca Juga:
Pengurus SPS Sumatera Utara yang dilantik yaitu Ketua H Farianda Putra Sinik SE (Harian Medan Pos), Sekretaris Hendrik Prayetno (Hr Waspada), Bendahara Asih Astuti (Hr Sumut Pos).

Wakil Ketua H War Djamil (Analisa), Agus Saparuddin Lubis (Realitas), Rianto (Sumut 24), Agus Salim Ujung (wartagaruda), Ngatirin (Mimbar Umum).

Wakil Sekretaris Erwin Siregar (Berita Sore), Dodi Pane (Orbit), Rony Purba (Top Metro), dan Wakil Bendahara Dessy Fifi Septiany (Gebrak).

Usai dilantik, Ketua SPS Sumut Farianda Putra Sinik kembali menyampaikan harapannya, agar pemerintah (provinsi, kabupaten/ kota) berkenan membantu, supaya perusahaan pers khususnya media cetak bisa tetap eksis.

Menurut Farianda, bantuan yang diberikan pemerintah provinsi, kabupaten/ kota antara lain bisa berupa kerja sama di bidang pemberitaan, periklanan, dan peningkatan kualitas sumber daya insan pers.

Disebutkannya, selain berperan sebagai sosial kontrol, pers juga memiliki fungsi edukasi, yang sejak zaman dahoeloe sudah ikut serta mencerdaskan anak bangsa dan turut pula berkontribusi membantu perjuangan para pahlawan, sehingga kita terbebas dari kolonialisme.

"Mencermati urgensi dan peran strategis pers dalam kehidupan berbangsa dan bernegara sejak doeloe hingga sekarang, tidak sepatutnya industri pers dibiarkan gulung tikar dan terancam tinggal nama," kata Farianda.

Kepada para pengurus SPS Sumut yang baru dilantik, Farianda berharap supaya senantiasa saling menghargai dan mampu menjaga kekompakan. "Mari sama-sama berkontribusi maksimal, agar newspaper never dies," ajaknya.

Hal senada juga disampaikan Ketua SPS Pusat Januar P Ruswita. "Apabila pemerintah pusat dan daerahmampu menjaga keberlanjutanindustri media cetak, insya Allahpers yangsehat dan berkualitasakan dapat kita wujudkan," ujarnya.

Januar tidak lupa menyampaikan apresiasi kepada para pejabat Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Kabupaten Bandung, mitra kerja dan berbagai pihak yang berkenan hadir menyemarakkan perayaan HUT ke-78 Serikat Perusahaan Pers tersebut.

"Terima kasih dan apresiasi juga saya sampaikan kepada 18 pengurus SPS provinsi yang telah jauh-jauh datang ke Kota Bandung yang bersejarah dan kaya dengan berbagai kulinernya ini," kata Januar.

Kepada pengurus SPS Sumut yang baru dilantik, Januar menyampaikan ucapan selamat dan berharap terus berbuat yang terbaik, demi tetap tumbuh dan berkembangnya industri pers arus utama di Sumatera Utara.

Peringatan HUT ke-78 SPS berlangsung semarak, diwarnai dengan pemberian award kepada institusi pemerintahan dan sejumlah kalangan yang dinilai telah memberikan kontribusi positif terhadap tetap eksisnya industri pers arus utama di tengah masyarakat. ***

Ayo baca konten menarik lainnya dan follow kami di Google News
Editor
: Rini Sinik
SHARE:
Tags
beritaTerkait
Ketua PWI Sumut Serahkan Surat Permohonan Pelepasan Lahan ke Holding Co PTPN
Kemeneg BUMN Terima Surat Permohonan Pelepasan Lahan untuk Komplek Perumahan PWI Sumut
PWI Sumut akan Gelar SJI dan UKW Awal September 2024
Raih Penghargaan Kompolnas Awards Polda Terbaik Indonesia, Ketua PWI Sumut: Selamat Kepada Kapolda Sumut dan Teruslah Menjadi Yang Terbaik
SPS Sumut Apresiasi Jurnal Post Tetap Eksis di Tengah Turbulensi Media Cetak
Ungkap Kasus Pembakaran Rumah Wartawan, PWI Apresiasi Polda Sumut
komentar
beritaTerbaru