Sabtu, 06 Juli 2024

Dengan Lahirnya Robotik Akan Lahir Lapangan Pekerjaan Baru

Zainul Azhar - Jumat, 17 Mei 2024 18:29 WIB
Dengan Lahirnya Robotik Akan Lahir Lapangan Pekerjaan Baru
Zainul
Jakarta, MPOL - Jangan khawatir kehilangan lapangan pekerjaan, dengan lahirnya Robotik akan lahir pekerjaan baru demikian Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mengatakan saat membuka turnamen Robotik memperebutkan piala Ketua MPR RI, Jumat (17/5) di Padepokan Pencak Silat Taman Mini Indonesia Indah Jakarta.

Baca Juga:
Menurutnya tantangan ke depan sangat banyak jadi enggak usah khawatir akan ada kehilangan banyak lapangan pekerjaan karena dengan lahirnya robotik akan lahir lapangan-lapangan pekerjaan baru, hilang 1.000 tumbuh 2000 kira-kira begitulah, jadi saudara-saudara enggak perlu khawatir akan kehilangan bagian, karena dengan tumbuhnya industri Robotik akan menimbulkan lapangan kerja baru.

Kalau kita melihat selama ini kita mengimpor semua yang serba elektrik yang super Robotik dari mulai drone drone industri militer penyadapan dalam industri kepolisian dan intelijen, rumah sakit, dalam hal operasi dan pengobatan, yang mempengaruhi robot industri-industri besar. yang robotik ini semua kita import dan dalam mulai pembuatan peluru pembuatan mesiu dan lain-lain ,mengapa ini kalian tidak bisa capai.

Kalau sekarang lomba mengendalikan mainan helikopter, kapal terbang, mobil-mobilan, pikirkan dalam hal yang lebih besar lagi dalam dunia nyata kita, dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, terutama dalam hal ketahanan pangan ,pertahanan energi, ya ketahanan pertahanan dan seterusnya.

ketahanan pangan saja membutuhkan banyak sekali inovasi di Robotik kita, petani kita bakal kalah dengan Thailand dengan Vietnam karena semua serba robotik dan otomatis, serba otomatis nyiram tanaman sudah tinggal robot yang nnyiram ya kemudian memberi pupuk dalam proses tertentu tinggal tersebar penyebaran pupuknya tanpa ada tanpa kita berada di tempat .

Itulah peluang-peluang besar kalian mengambil peran dalam meningkatkan ekonomi bangsa kita apalagi nanti tidak manual seperti hari ini yang berhari-hari yang susah, Saya membayangkan dengan kemampuan inovasi kalian suatu ketika nanti pemilihan presiden kita, pemilihan anggota, pemilihan Bupati, walikota ,gubernur, kita cukup dilakukan dari tempat kita masing-masing, dari kamar mandi ,dari kamar tidur, dari mobil ,dari jalan semua kewajiban kita sebagai warga negara untuk demokrasi bisa kita laksanakan dan hasilnya dalam hitungan menit sudah ketahuan siapa presidennya ,wakil presidennya ,siapa bupati gubernur, walikota.

Itulah bayangan saya ke depan kalau kalian memiliki inovasi yang luar biasa tidak seperti sekarang, berhari-hari kita menunggu naik turunnya grafik siapa yang menang nih betul ya belum lagi nanti pemerintahan ke depan akan ada gagasan makan siang gratis ini tantangan buat kalian bagaimana mungkin manusia kita manusia tanpa bantuan Robotik bisa menyiapkan nasi goreng dalam ribuan piring dalam hitungan menit .Cina sudah menciptakan suatu robotik yang bisa menggoreng nasi goreng dalam hitungan 5 menit untuk 10.000 piring ini juga kalian harus berani menciptakan inovasi-inovasi ini saya melihat demo di Cina itu hari ini memasak capcay tinggal potong sayurannya akan terpotong sendiri bumbu tinggal masukin dalam hitungan menit sudah keluar berpiring-piring gitu udah langsung dibungkus.

Ini robotik yang memberikan manfaat dan memberikan lapangan pekerjaan bagi saudara-saudara semua sekira itu selamat bertanding semoga tantangan hari ini mumpung acara bertanding saudara-saudara sekalian ke depan dan saudara adalah tulang punggung yang kami harapkan dapat merubah dunia pada tahun 2045, tutur Bamsoet.

Ketika ditanya wartawan Sekjen PB Persatuan Robotika Seluruh Indonesia (PRSI) Dwi Nugroho Marsudianto mengatakan bahwa turnamen tersebut merupakan ajang mengembangkan potensi generasi muda untuk memajukan teknologi bidang robotika di tanah air. "Kompetisi ini juga dapat mengembangkan para peserta memiliki karakter kepribadian yang unggul dan berdaya saing menyambut Indonesia Emas 2045."

Dwi pun berharap pengembangan SDM generasi muda saat yakni berfokus pada pengembangan teknologi, meningkatkan kapasitasnya sekaligus menjawab isu kekinian. Salah satu terobosan paling signifikan dalam desain Robotika generasi muda adalah integrasi kecerdasan buatan (AI). Robot yang dilengkapi dengan kemampuan AI mampu belajar dan mengambil keputusan sendiri, meningkatkan kinerja dan fleksibilitas dalam berbagai lingkungan.

Dengan mencontohkan teknologi Artificial Intelligence yang mengalihkan tenaga kerja di berbagai hal saat ini akan semakin berkembang ke depannya. Adapun pemenang dalam turnamen Robotika 2024 Piala Ketua MPR RI Bambang Soesatyo yang diikuti kalangan pelajar, di 26 provinsi di seluruh Indonesia tersebut akan dinilai berdasarkan kinerja robot dalam menyelesaikan tugas-tugas tertentu. "Semoga inovasi Robotika dari para peserta akan menjadi kunci utama dalam mewujudkan masa depan teknologi yang lebih canggih dan membuka pintu menuju era revolusi industri yang baru," tutur Dwi Nugroho Marsudianto.***

Ayo baca konten menarik lainnya dan follow kami di Google News
Editor
: Rini Sinik
SHARE:
Tags
beritaTerkait
komentar
beritaTerbaru