Selasa, 17 September 2024

Situasi Politik Pasca Pemilu Penting untuk Stabilitas Nasional

Zainul Azhar - Jumat, 08 Maret 2024 19:36 WIB
Situasi Politik Pasca Pemilu Penting untuk Stabilitas Nasional
Zainul
Jakarta, MPOL- Situasi politik pasca Pemilu penting untuk stabilitas nasional demikian Wakil Ketua Komisi X DPR RI Hetifah Sjaifudian mengatakan dalam diskusi Dialektika Demokrasi bertajuk "Jaga Stabilitas Keamanan Nasional Pascapilpres" yang digelar di Kompleks Parlemen itu menilai bahwa situasi kondusif pasca-Pemilu 2024, bersama pengamat Politik Ujang Konarudin,Kamis (7/3) di DPR RI Jakarta.

Baca Juga:
Menurut Hetifah Saya sepakat bahwa situasi kondusif pascasuatu peristiwa yang namanya pemilu itu memang isu yang sangat penting. menurut saya cukup kondusif. demokratis seperti Indonesia, situasi kondusif itu mengapa penting? Karena menjadi basis lingkungan yang aman dan stabil pada saat penghitungan suara, pada saat nanti hasil pemilu diumumkan, itu tidak terjadi konflik sosial, itu sesuatu yang sangat penting bagi stabilitas, termasuk ekonomi," ujarnya.

Menjaga kedamaian dan stabilitas merupakan tanggung jawab bersama, agar publik memberikan kepercayaan kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk menyelesaikan penghitungan suara.

"Jika memang menemukan kejanggalan-kejanggalan, tentunya pihak-pihak yang merasa dirugikan masih diberikan kesempatan untuk menempuh jalur yang sesuai dengan mengemukakan bukti-bukti sah yang ditemukan.

Aparat keamanan dan lembaga penegak hukum memiliki peran yang penting untuk menjaga situasi tetap kondusif pascapemilu.

"Jadi, pihak keamanan ini juga, dalam proses hukum terkait pelanggaran pemilu nanti, termasuk peran MK (Mahkamah Konstitusi), semua itu sangat penting supaya nanti pascapemilu itu betul-betul sampai tahapan terakhir itu terjaga situasi kondusifnya," tutur Hetifah.

Sedangkan Ujang Komarudin mengatakani ni membuktikan bahwa, negara kita ini kita penyelenggara pemilu, masuk pihak keamanan sukses dalam menyelenggarakan pemilu, dengan segala kekurangan dan kelebihan yang dimiliki.

Hari ini kita bicara soal pasca pemilu, kalau mau mengatakan, dalam konteks kita menjalankan transisi demokrasi, kita belum jadi negara demokrasi tetapi menjalani transisi menuju demokrasi, kenapa kita butuh konsolidasi demokrasi.

Konsolidasi demokrasi kita seperti apa, dalam konteks perjalanan, membangun koalisi. Kita ini bangsa ini membutuhkan pemerintahan yang kuat, karena kita butuh stabilitas tadi, baik ekonomi, politik, keamanan, tutur Ujang Komarudin.*

Ayo baca konten menarik lainnya dan follow kami di Google News
Editor
: Rini Sinik
SHARE:
Tags
beritaTerkait
Pj Bupati Langkat Apresiasi Bob Sitepu Anggota DPR RI Serahkan Bantuan 199 BSPS untuk Masyarakat Sei Bingai
Muhaimin Iskandar Gelar Fun Run Hut DPR RI Ke 79
Wamendag Jerry Sambuaga Tinjau Pasar Tradisional Tarutung
Ada Empat yang Dituntut Menjadi Anggota DPR RI
Pentingnya Peningkatan Anggaran Kesehatan Mencapai 5,5 persen
BKKBN Sumut Bersama Komisi IX DPR RI Laksanakan Promosi dan KIE Percepatan Penurunan Stunting di Asahan
komentar
beritaTerbaru