Tingkatkan Pelayan Puskemas Menuju New Normal, Jubir Satgas Covid-19 Langkat Apresiasi Kapus Bukit Lawang

Kamis, 6 Agustus 2020 | 21:12 WIB

 

Langkat, MPOL : Jubir Satgas Covid-19 Langkat Dr. Juliana yang juga Plt. Kadis Kesehatan Langkat, menginstruksikan kepada seluruh Kepala Puskemas (Kapus) di Negeri Bertuah untuk meningkatkan pelayanan kesehatan hingga ke Puskemas Pembantu (Pustu) di masing – masing wilayah, pada situasi menuju new normal.

“Saya telah menginstruksikan kepada para Kapus untuk meningkatkan pelayanan. Hal ini menindaklanjuti instruksi dari Ketua Satgas Covid -19 Kabupaten Langkat, Terbit Rencana PA, dalam upaya memutus mata rantai covid-19 di Langkat,” terang Dr.Juliana saat memberikan arahan kepada salah satu Kapus, di ruang rapat Kantor Kadis Kesehatan, di Stabat, Kamis (6/8/2020).

Untuk itu pihaknya sangat mengapresiasi Kapus Bukit Lawang Kecamatan Bahorok  Dr. Esra Sembiring, atas kebijakannya yang dinilai responsif. Yakni melakukan Sidak lapangan ke sejumlah Pustu guna meningkatkan kedisiplinan para petugasnya.

Sidak ini dilakukan setelah mendengar aduan masyarakat, bahwa  Pustu Tualang Kepang Desa Sampe Raya Kec.Bahorok, diisukan jarang dibuka oleh petugasnya. “Saya sangat mengapresiasi dr. Esra, sebab Ia sangat tanggap dengan situasi,” sebutnya.

Dari hasil Sidak ini, Dr.Juliana kembali memberikan dua jempol kepada dr.Esra, atas ketegasannya memberikan ultimatum kepada para petugas Pustu, yakni jika tidak disiplin bukan saja memberikan Surat Peringatan (SP), melainkan juga sangsi sesuai aturan yang berlaku.

Dr. Esra Sembiring dikesempatan itu, menerangkan, semua petugas Pustu di wilayah Puskesmas Bukit Lawang, yakni Pustu Timbang Lawang, Sampe Raya, Musang Pembangunan dan Tualang Kepang Desa Sampe Raya, disiplin. Terlebih Pustu Timbang Lawan, para petugas yang terdiri dari 2 orang ASN dan 1 orang tenaga honorer BPJS semuanya saat ini telah disiplin, selalu membuka Pustu sesuai hari kerja dari mulai pukul 08:30 Wib paling lamanya, dan tutup pukul 16:30 wib paling cepatnya. “Aturan buka tutup Pustu ini, juga telah disepakati dan diketahui oleh Kades serta aparatur Desa Sampe Raya,” terangnya.

Selain telah menjalankan tugas dengan disiplin, kata dr.Esra Sembiring, para petugas Pustu juga membantu pendidikan anak-anak di Desa tersebut. Yakni, mengedukasi anak – anak tingkat Sekolah Dasar di sekitar Pustu melalui penerapan protokol kesehatan, lalu memberikan pelajaran kepada meraka tanpa meminta upah saat tidak ada pasien.

“Hal ini dilakukan mereka dengan ikhlas berdasarkan kesadaran, sebab meraka mengetahui para pelajar saat ini belajar dari rumah karena dampak dari Covid -19,” ungkapnya. **