Tim Penggali Kubur Jenazah Covid Aman Dari Virus Pandemi

Selasa, 20 Oktober 2020 | 16:53 WIB
Tebing Tinggi, MPOL : Tim penggali kubur yang bertugas menggali kuburan dan memakamkan jenazah pasien terkonfirmasi Covid ternyata aman dari terpapar Covid-19. Keluarga dan warga tidak perlu was-was terhadap mereka.
     ” Penggali kubur bagi jenazah pasien Terkonfirmasi Covid-19 itu merupakan ‘Tim Khusus’, dia hanya meggali kubur tetapi dengan catatan selama melaksanakan tugasnya mereka wajib memakai Alat Pelindung Diri atau APD yakni memakai baju hazmat.”
     Demikian dijelaskan Kadis Kesehatan Kota Tebingtinggi dr Nanang Fitra Aulia kepada MPOl, Selasa (20/10/2020). Hal ini terkait adakah rasa was-was terhadap mereka saat bertugas bisa terpapar Covid-19.
     Nanang Fitra menjelaskan, setelah mereka selesai melaksanakan tugasnya, mereka tidak perlu melakukan isolasi mandiri. Hal ini dikarenakan mereka dikategorikan tidak ada kontak dengan jenazah.
     ” Jenazah yang akan dikebumikan atau dimakamkan kondisinya sudah berada didalam peti. Jadi tidak ada kontak langsung,” jelas dr Nanang Fitra.
     Terkait kondisi perkembangan kasus Covid-19 di Tebingtinggi, dr Nanang Fitra yang juga Jubir Gustu Covid-19 itu melaporkan bahwa, kondisi hari ini jumlah terkonfirmasi positif covid-19 berdasarkan hasil swab berjumlah 26 orang. Semua dalam pemantauan kita, bahkan masih ada yang dirawat di rumahsakit di Medan.
     Kemudian yang sudah selesai atau terkonfirmasi positif sembuh berjumlah 103 orang, semua dalam kondisi baik dan tetap menjalankan protokol kesehatan yang ada. Sementara untuk data yang meninggal dengan terkonfirmasi positif untuk saat ini berjumlah 10 orang dan sudah dimakamkan di pemakaman yang ada di Kota Tebingtinggi, jelas dr Nanang. **