Simalungun Zona Merah, Hasil Swab Positif Covid-19 Menjadi 10 Orang

Selasa, 19 Mei 2020 | 23:07 WIB

Simalungun, MPOL: Setelah bertambahnya 4 orang  positif hasil swab di Kabupaten Simalungun sehingga warga yang terpapar virus covid-19, menjadi 10 orang.

Hal itu dikatakan Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona Virus Diases (Covid-19)  didampingi Sekretaris Mixnon Andreas Simamora, Plt Kadis Kesehatan dr Lidya Saragih, Humas Akmal H Siregar di Media Center Jalan Asahan kepada para wartawan, Selasa (19/5/2020).

Menurut JR Saragih, keempat (4) warga tersebut berasal dari Kecamatan Raya Kahean, Dolok Batu Nanggar, Siantar dan Kecamatan Purba.

“Dengan bertambahnya jumlah pasien positif hasil swab, maka Kabupaten Simalungun sudah zona merah, “ungkap JR Saragih.

Ditegaskannya, berkaitan dengan zona merah di Kabupaten Simalungun, diminta kepada kadis kesehatan, TNI, Polri agar memperketat daerah perbatasan dan memeriksa seluruh kendaraan yang masuk ke Simalungun termasuk juga melakukan pemeriksaan kesehatan dengan rapid test kepada para penumpangnya”.

Oleh karenanya, Ketua Gugus Tugas menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk sementara tahan diri jangan dulu untuk pergi ke tempat keramaian maupun berkunjung ke kabupaten lain bertemu dengan keluarganya.

Sementara,  Humas Gugus Tugas Covid-19 Akmal H Siregar mengungkapkan,  ada penambahan 1 pasien positif Covid-19 hasil swab yakni warga asal Namorambe Kabupaten Deli Serdang.

Pasien tersebut adalah seorang ibu yang mempunyai riwayat sudah 2 bulan tinggal di rumah keluarganya di Kecamatan Dolok Batu Nanggar Kab. Simalungun.

Selanjutnya pada tanggal 29 April lalu ibu tersebut sudah masuk sebagai pasien dalam pengawasan dan di rawat di RSUD Perdagangan.

Sehingga ke-5 warga yang positif Covid-19 hasil swab, 3 orang berada di Rumah Sakit Umum Daerah Rondahaim Saragih dan 2 lagi di RSUD Perdagangan, ujar Akmal. (*)